Jambi, Antarajambi.com - Taman Hutan Raya Sultan Thaha Syaifuddin (Senami) di Kabupaten Batanghari merupakan salah satu potensi wisata yang dimiliki daerah itu.
    
Tahura Senami mempunyai luas lebih kurang 15ribu hektare dengan potensi hutan dengan tipe ekosistem hutan tropik basah dataran renda.

Di hutan itu dipenuhi jenis kayu bulian alam atau kayu besi  yang merupakan kayu unggulan Provinsi Jambi disamping keanekaragaman fauna di dalamnya.

Obyek wisata lainnya adalah Durian Lucuk I dan II dengan luas 74 hektare dengan. Sama seperti Tahura Senami di dalamnya juga diisi berbagai aneka flora dan fauna, mamalia, aves dan lainnya.

Hutan-hutan di kawasan itu juga merupakan bagian dari sejarah perjuangan rakyat Jambi, yang menjadi basis perjuangan rakyat dalam menghadapi penjajah. 

Hutan di kawasan itu juga menjadi bagian dari potensi penelitian dan konservasi vegetasi khas daerah itu yakni kayu bulian yang dapat difungsikan sebagai laboratorium alam.

Kabupaten Batanghari juga memiliki sentra pengrajin kayu di Desa Betung Kecamatan Pemayung yang berjarak sekitar 25 kilometer dari Kota Jambi.

Sementara itu salah seorang tokoh masyarakat Batanghari, Syaiful menyebutkan potensi wisata alam daerah itu perlu diperkuat dan dilengkapi. Salah satunya dengan mempersiapkan infrastuktur pendukungnya.

"Cerita rakyat dan mitos serta adat setempat perlu dimunculkan sehingga memberikan kekhasan dan menjadi daya pikat karena ada unsur kedekatan atau proximity," kata pria yang akrab disapa Eful itu.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017