Jambi, antarajambi.com- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Jambi mensinergikan produk kreatif unggulan dengan pariwisata melalui penyelenggaraan festival batik dan bazar industri kecil menengah (IKM).

Festival batik Jambi dan bazar IKM tersebut dilaksanakan di Mall Jambi Town Square yang dibuka langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Jambi Yuliana Fasha, Rabu.

"Festival batik Jambi dan bazar IKM ini dilaksanakan dalam rangka untuk pengembangan dan promosi pariwisata Kota Jambi. Kita ingin mensinergikan antara pariwisata dengan promosi produk unggulan Kota Jambi seperti batik," ujar Yuliana.

Festival batik Jambi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Pemilihan Bujang Gadis Kota Jambi 2017 yang sengaja diselenggarakan berbarengan untuk mensinergikan potensi pariwisata budaya Kota Jambi dengan promosi produk unggulan yang hasilkan para pengrajin di daerah ini.

Dekranasda menyatakan komitmennya untuk memajukan IKM yang ada di Kota Jambi dan mempromosikan batik Jambi sebagai produk unggulan yang bernuansa budaya lokal.

"Seperti simbiosis mutualisme, IKM turut serta mendukung perkembangan promosi wisata disuatu daerah, sehingga sinergitas dan langkah promosi yang efektif sangat perlu kita bangun dan gencar untuk dilakukan," kata Yuliana.

Selain itu dalam mengembangkan batik Jambi, menurut Yuliana diperlukan inovasi yang lebih luas bukan hanya dari segi pembuatan motif atau pemasaran tetapi juga dari segi pengembangannya ke depan.

"Untuk itulah kita semua berada di sini saat ini, selain wujud kecintaan kita semua kepada produk lokal, kita semua juga memiliki visi dan misi yang sama untuk mengembangkan produk unggulan kota Jambi khususnya batik Jambi ke tingkat yang lebih tinggi," katanya.

Dekranasda Kota Jambi selalu mensupport dan memfasilitasi produk-produk yang dihasilkan oleh para pengrajin binaan Pemerintah Kota Jambi dalam upaya promosi dan pemasaran.

Festival batik Jambi tersebut yang akan berlangsung hingga 19 Maret 2017 dan akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti peragaan busana batik kreasi, lomba kreasi batik.

Festival tersebut juga menampilkan display produk unggulan IKM yang diikuti oleh 24 stand pengrajin batik dan IKM di bawah binaan Dekranasda Kota Jambi.


Pewarta:

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017