Jambi, Antarajambi.com - Arena Wisata Pintar Jambi yang berlokasi di Jalan Mayjen Sutoyo Kota Jambi menyuguhkan suasana hijau dan unik di tepian Danau Sipin dengan aneka fasilitas taman bermain bagi pengunjung, khususnya anak usia dini.

"Arena Wisata Pintar sudah mulai menggeliat, kunjungan meningkat terutama di akhir pekan. Konsepnya memberikan sarana unik dan khas bagi pengunjung khususnya anak usia dini," kata Manajer Arena Wisata Pintar Sumarwenny Bustami Aryadi di Jambi, Rabu.

Arena wisata yang dipadukan dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyaraakt binaan Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi itu memiliki kekhasan dan berlokasi serta berlatar  panorama Danau Sipin tepatnya di kawasan Telanaipura Kota Jambi.

Tak hanya bagi anak-anak, para orang tua dan pelajar juga bisa menikmati suasana kawasan wisata bernuansa pendidikan di sana. Pengelolaan kawasan itu di bawah koordinasi Pokja II PKK Provinsi Jawa barat yang berkolaborasi dengan potensi usaha daerah terutama usaha kecil dan menengah.

"Ada sejumlah fasilitas bagi pengunjung, khususnya bagi usia dini, juga menggandeng pelaku UMKM Jambi untuk melengkapi kebutuhan pengunjung terutama gerai jajanan, cenderamata dan lainnya," kata Sumarwenny yang juga Ketua Pokda II PKK Provinsi Jambi itu.

Arena Wisata Pintar berdiri di atas lahan 13 hektare, dan ke depan akan dikembangkan lagi untuk berbagai fasilitas antara lain untuk kegiatan perkemahan dan lintasan olahraga lari dan jalan kaki.

Sedangkan untuk menambah kekhasan kawasan tersebut, ke depan dirancang untuk menyediakan berbagai kuliner dan penganan khas Jambi sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. 

"Ke depan kami berharap bisa mendukung program pariwisata dengan sajian khas yang tidak ditemukan di tempat lain, kita padukan potensi yang ada dengankeunggulan kuliner khas Jambi, atau 'Serba Jambi'," katanya.

Fasilitas yang ada di kawasan itu, terdiri dari bangunan tempat belajar untuk TPA, kelompok belajar, kursus dan tempat belajar mengajar. Di lokasi itu pengunjung bisa mendapatkan arahan dan belajar dari para tim pengajar yang ada di kawasan itu, baik di dalam kelas maupun di lokasi taman di tepian Danau Sipin yang asri.

Pada bagian lainnya fasilitas wisata pintar hadir dengan fasilitas bermain anak-anak, gerai kuliner, rumah makan serta dilengkapi dengan aula refresentatif untuk menggelar berbagai kegiatan.

Sejumlah fasilitas saat ini sudah disulap menjadi lebih menarik dan menunjukkan kekhasan sebagai Arena Wisata Pintar dengan kemasan cat aneka warna dan gambar-gambar khas  dunia anak-anak. 

Kawasan itu juga biasa digelar kegiatan belajar bagi para orang tua atau parenting serta diskusi terkait anak usia dini. 

"Pengembangan kawasan ini kami kolaborasikan dengan metode pemberdayaan dan partisipasi masyarakat. Masyarakat khususnya para orang tua siswa PAUD di sana ikut berandil dalam menggulirkan berbagai program di sana," kata Sumarwenny yang juga konsultan pemberdayaan masyarakat itu.

Sementara itu Wakil Manajer Arena Wisata Pintar, Mahyudin menyatakan dengan kunjungan 50 hingga 100 orang per hari, terutama pada akhir pekan, diharakan akan terus meningkat. Kendati dengan promosi yang terbatas, namun menurut di setidaknya saat  ini masyarakat tahu adanya fasilitas itu.

"Dengan SDM yang terbatas, kami berupaya untuk memanfaatkan potensi besar di sini," kata pria pensiunan PNS Kota Jambi itu.

Arena Wisata Pintar Jambi itu merupakan salah satu dari tiga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) binaan PKK Provinsi Jawa Barat. Dua PKBM lainnya adalah CBC Mawadah Warrahmah di Kota Baru dan PKBM Murni di kawasan Broni Kota Jambi.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017