Jambi, Antarajambi.com - Kuota beasiswa Bidikmisi yang disediakan Universitas Jambi (Unja) pada tahun 2017 sebanyak 650 kursi, kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof RA Muthalib.

"Ada sekitar 650 kursi untuk Bidikmisi di Unja dan calon mahasiswa masih bisa memanfaatkan dengan mendaftar melalui jalur SBMPTN," katanya di Jambi, Minggu.

Dia mengatakan, para calon mahasiswa berprestasi yang kesulitan biaya dapat memanfaatkan bantuan pemerintah melalui beasiswa Bidikmisi tersebut.

Beasiswa bidikmisi tersebut kata dia, masih bisa dimanfaatkan calon mahasiswa yang akan mengikuti tes melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 dengan mekanisme melakukan pendaftaran bidikmisi terlebih dahulu.

Untuk pendaftaran bidikmisi tersebut dapat dilakukan secara pribadi dengan mengakses laman http:bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/default/login, lalu mengambil opsi Daftar Pribadi.

"Nantinya setelah siswa lulus dan mendaftar akan dilakukan verifikasi untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi berdasarkan jumlah yang sudah ditentukan," katanya.

Wakil Rektor juga mengatakan, pendaftaran SBMPTN 2017 telah dimulai sejak 11 April-5 Mei 2017.

Sedangkan untuk ujian tertulis (berbasis komputer ataupun kertas) pada 16 Mei 2017, ujian keterampilan 17-18 Mei 2017 dan pengumuman hasil pada 13 Juni 2017.

Dalam pelaksanaan SBMPTN itu, pihaknya telah menyiapkan sekretariat di Balairung Unja Mandalo guna membantu calon mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pendaftaran.

Selain itu lanjutnya, informasi resmi terkait SBMPTN dapat diakses melalui laman http://sbmptn.ac.id,http://halo.sbmptn.ac.id.

Selain itu juga bisa didapatkan di media sosial facebook http://facebook.com/SekreSBMPTN, serta Twitter : @SekreSBMPTN.

Pada kuota jalur SBMPTN itu sebanyak 35 persen dari daya tampung Unja atau sekitar 2.500 kursi mahasiswa yang akan diterima melalui jalur tersebut.

Saat ini Universitas Jambi memiliki 89 program studi strata satu (S1), 24 program studi strata dua (S2), empat program studi strata tiga (S3) delapan program studi diploma tiga (D3) dan dua program studi diploma empat (D4).

Sementara mahasiswa yang terdaftar di Universitas Jambi pada semester ganjil TA 2016/2017 adalah sebanyak 25.372 mahasiswa.

Universitas Jambi secara nasional menempati peringkat ke-30 dari perguruan tinggi di Indonesia.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017