Muarabulian, Antarajambi.com - Dinas Pendidikan dan Kabudayaan (Disdikbud) Batanghari terus  mendorong kemajuan dunia pendidikan yang ada di Bumi Serentak Bak Regam Kabupaten Batanghari salah satunya melalui Diklat untuk meningkatkan kualitas dan mutu guru.

"Bila  guru berkualitas serta bermutu anak-anak didik akan jadi anak berkualitas pula," kata Jamilah, Kepala Disdikbud Batanghari, Selasa.

Ia mengatakan  kualitas guru  menjadi persoalan yang penting dan  krusial oleh karena pada kenyataannya keberadaan guru di berbagai jenjang, dari taman kanak-kanak sampai SMA oleh sebagian kalangan di nilai jauh dari performa yang distandarkan. 

" Ya selain itu era globalisasi serta perkembangan teknologi informasi telah menimbulkan perubahan-perubahan yang sangat cepat di segala bidang," katanya.

Untuk batasan wilayah, bahasa dan budaya yang semakin tipis, serta akses informasi yang semakin mudah menyebabkan ilmu pengetahuan dan keahlian yang diperoleh seseorang menjadi cepat usang. 

Ia menjelaskan, bagi persaingan yang semakin tajam akibat globalisasi serta kondisi perekonomian yang mengalami banyak kesulitan, terutama di Indonesia, membutuhkan sumber daya manusia yang kreatif, memiliki jiwa enterpreneur serta kepemimpinan. 

Disamping itu, pendidikan yang menekankan hanya pada proses transfer ilmu pengetahuan tidak lagi relevan, karena hanya akan menghasilkan sumber daya manusia yang menguasai ilmu pengetahuan masa lampau, tanpa dapat mengadaptasinya dengan kebutuhan masa kini dan masa depan.

Menurud dia wajar bila guru menempati peran yang cukup penting dalam pengembangan kurikulum, karena seorang guru  orang yang paling mengerti dan mengetahui situasi dan kondisi hasil belajar peserta didiknya serta bertanggung jawab penuh didalamnya. 

Sementara itu dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berpangkal pada suatu kurikulum, dan dalam proses pembelajaran guru juga berorientasi pada tujuan kurikulum. 

Pada sisi lain, guru adalah pembelajar siswa, yang secara kreatif membelajarkan siswa sesuai dengan kurikulum sekolah. Untuk mencapai guru yang memiliki kualitas maka itu pemerintah mengadakan pelatihan. 

Hal itulah yang dilakukan sejumlah guru yang ada diwilayah Kabupaten Batanghari mengikuti Pendidikan Latihan  (Diklat) di Provinsi Jambi selama tiga hari dalam rangka Orientasi Guru yang di danai oleh APBN 2017. 

" Ya guru yang PNS baik Kepala Sekolah maupun guru biasa mengikuti pelatihan di Jambi sebanyak 25 guru,” katanya lagi.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017