Jambi, Antarajambi.com - Jumlah pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 untuk masuk ke Universitas Jambi memecahkan rekor peserta seleksi selama ini dengan  total mencapai 11.071 orang.
  
"Hingga Selasa pukul 14.00 WIB, atau batas akhir pembayaran tercatat 11.071 orang pendaftar yang berminat masuk Unja. Itu jumlah terbesar dari pendaftar selama ini," kata Kepala Humas Universitas Jambi yang juga Humas SBMPTN 2017 Panlok Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Rabu.
  
Ia menyebutkan, jumlah pendaftar SBMPTN 2017 untuk masuk Unja  lebih besar dari jumlah pendaftar SBMPTN tahun 2016 sebanyak 9636  orang. Angka itu bahkan telah terlampaui sejak rencana penutupan SBMPTN 2017 pada Jumat (5/4) lalu, namun kemudian diperpanjang lagi hingga Senin (8/5).
 
Peningkatan jumlah pendaftar itu, kata Akbar tidak lepas dari upaya sosialisasi oleh panitia, termasuk oleh unsur pimpinan Universitas Jambi (Unja) di bawah kepemimpinan rektor Prof H Johni Najwan SH MH PhD yang melakukan roadshow ke 11 kabupaten/kota di Provinsi Jambi untuk sosial SNMPTN, SBMPTN, bea siswa Bidik Misi maupun program seleksi mandiri.

Sementara itu Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan yang juga Ketua Tim Penjaminan Mutu terhadap SBMPTN 2017 menyatakan peningkatan jumlah peserta SBMPTN 2017 di Jambi yang mencapai 25 persen tidak lepas dari peran masyarakat dalam mendorong putra-putrinya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Selain itu sosialisasi yang dilakukan cukup intensif dalam setahun terakhir hingga ke tingkat sekolah di kabupaten/kota juga cukup efektif memicu minat masuk PTN.

"Peningkatan jumlah  ini merupakan hal positif dan diharapkan terus meningkat setiap tahunnya, dan kami lebih banyak lagi putra-putri Jambi yang berkuliah di Unja," katanya.

Pada kesempatan itu, Johni Najwan mengimbau kepada para peserta SBMPTN 2017 untuk mempersiapkan diri dan memanfaatkan kesempatan jalur itu untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

"Kami akan memfasilitasi semaksimal mungkin untuk pelaksanaan SBMPTN 2017 yang akan digelar di Kompleks Kampus Unja, termasuk untuk seleksi yang dengan sistem 'computer based test' yang akan digelar pertama kalinya," kata rektor
   
Sementara itu pada 16 Mei 2017 mendatang, kampus Unja Mendalo selain akan disatangi sebanyak 11.071 peserta SBMPTN, juga akan didatangi sebanyak 1711 peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang telah dinyatakan lolos masuk Universitas Jambi untuk melakukan daftar ulang.

Akbar  Kurnia Putra menyatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polri, PLN, Dinas Pendidikan termasuk mempersiapkan distribusi  soal ujian.

"Universitas Jambi siap, tinggal pelaksanaannya saja," kata Akbar Kurnia Putra menambahkan.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017