Jambi, Antarajambi.com - Pemkab Batanghari melalui Dinas perkebunan dan peternakan akan melakukan pemeriksaan kondisi hewan pada H-2 lebaran seperti sapi, kerbau dan kambing.

" Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan yang akan diperjualbelikan kepada masyarakat," kata Zulmanuddin, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Dinas Perkebunan dan peternakan Batanghari, Senin. 

Ia mengatakan, saat ini tim yang berasal dari dinas maupun dokter hewan di lapangan sedang melakukan pendataan jumlah hewan yang akan disembelih oleh tukang jagal.

"Tukang jagal menyembelih hewannya pada H-2 tersebut, karena mereka melihat animo masyarakat untuk membeli daging terlebih dahulu," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk pengawasan yang akan dilakukan, baik sebelum penyembelihan dan setelah penyembelihan. Pemeriksaan penyembelihan itu dimaksudkan untuk memastikan tentang kondisi kesehatan hewan dari gangguan penyakit.

" Pada tahun lalu, sapi yang disembelih pada hari raya idul fitri kisaran 200 ekor sapi dan 40 ekor kambing. Untuk tahun ini, diperkirakan juga sebanyak itu," katanya lagi.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017