Jambi, Antarajambi.com - Rektor Universitas Jambi (Unja) Prof Johni Najwan mengatakan, peserta tes atau ujian melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah barat 2017 di perguruan tinggi tersebut mencapai 4.363 peserta atau terbanyak ke-dua setelah Universitas Andalas.

"Unja nomor dua peserta terbanyak dari 16 perguruan tinggi di wilayah barat yang menyelenggarakan tes melalui jalur SMMPTN 2017," kata Johni Najwan di Kampus Unja Mendalo, Jambi, Sabtu (8/7).

Pada ujian tulis yang dilaksanakan di Kampus Pinang Masak Universitas Jambi itu diikuti sebanyak 4.363 peserta yang tediri dari bidang Saintek sebanyak 1.479 peserta, Soshum sebanyak 2.475 peserta dan kategori Campur sebanyak 469 peserta.

Peserta ujian yang mengikuti jalur seleksi mandiri tersebut dinilai masih jauh dari target yang ditetapkan sebelumnya sebanyak 6.000 peserta, namun yang terpenuhi hanya 4.363 peserta.

"Tidak mencapainya target peserta tersebut karena adanya pemahaman masyarakat bahwa setelah SMMPTN tersebut masih gelombang selanjutnya, padahal tidak ada," katanya menjelaskan.

Pada pelaksanaan ujian SMMPTN itu pihaknya telah menyiapkan ruangan, diantaranya di Gedung Balairung, Fakultas Ekonomi, Fakultas Fisipol, yang masih berada di lingkungan Kampus Pinang Masak Unja Mendalo.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof Muthalib mengatakan, selanjutnya setelah ujian tulis juga akan ada ujian keterampilan yang dilaksanakan 9-10 Juli 2017 di setiap perguruan tinggi negeri.

"Kemudian pengumuman hasil ujian akan diumumkan pada 18 Juli 2017," katanya.

Jalur SMMPTN wilayah barat merupakan penerimaan berdasarkan ujian tulis yang dilakukan secara nasional yang dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi negeri Indonesia wilayah barat untuk program S-1 reguler dan vokasi.

Jalur SMMPTN perguruan tinggi di wilayah barat itu yakni Universitas Jambi, Universitas Teuku Umar, Institut Teknologi Sumatera, Universitas Syah Kuala, Universitas Lampung.

Kemudian Universitas Maritim Raja Ali Haji, Universitas Andalas, Universitas Samudera, Universitas Palangkaraya, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Bangka Belitung, UIN Palembang, ISI Padang Panjang, Universitas Bengkulu, Universitas Malikussaleh dan ISBI Aceh.

Melalui SMMPTN 2017 wilayah barat itu, Universitas Jambi akan menerima sebanyak 2.000 calon mahasiswa atau 30 persen dari total kuota penerimaan mahasiswa baru Unja pada 2017 ini.


Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017