Jambi, Antarajambi.com - DPRD Batanghari akan  memanggil kepala desa (kades) yang baru terkait persoalan bantuan beras sejahtera (Rastra) menyusul ada beberapa warga yang datang ke Gedung DPRD dan melaporkan  mereka sudah tidak mendapat bantuan lagi, padahal sebelumnya mendapatkan bantuan itu.

" Kades selaku pimpinan dalam desa dan sebagai orang nomor satu di desanya punya tanggung jawab dalam urusan desa. Seperti dalam pendataan warga yang mendapatkan bantuan Rastra," kata Adieson, Anggota DPRD Batanghari, Kamis.

Ia mengatakan, kebanyakan warga di desa sebelumnya selalu dapat bantuan Rastra ini. Tetapi sejak Kades diganti dan dipimpin oleh kades yang baru sudah tidak mendapatkan bantuan ini.

" Berdasar data yang mereka bawa dan mengadu kepada kami, bahwa mereka memiliki Kartu KIS dan beberapa kartu kalau dia tergolong warga tidak mampu, tapi kenapa mereka tidak dapat Rastra,” ujarnya.

 Ia menjelaskan, belum lama ini seorang warga Desa Pematang V Suku, Kecamatan Muaratembesi, Sulaiman juga mendatangi kantor DPRD. Kedatangan beliau warga guna meminta bantuan kepada Dewan perihal dirinya tidak lagi mendapatkan bantuan ini. 

Bahkan, seperti apa yang disampaikan Sulaiman waktu itu, sebelumnya ia selalu dapat bantuan Rastra. Tetapi sejak Kepala Desa diganti dan dipimpin oleh Kades yang baru , dirinya tidak pernah dapat bantuan rastra lagi. 

Sementara itu, Sanipan warga Desa Bulian Baru, Kecamatan Batin XXIV, Batanghari bersama beberapa warga lainnya juga mendatangi Kantor DPRD Batanghari guna mengadukan perihal yang menimpa dirinya dan warga lain terkait tidak memperoleh bantuan Beras Sejahtera (Rastra) lagi. 

“ Ya, 10 warga desa Bulian Baru, Kecamatan Batin XXIV mengadukan hal ini. Kami memiliki Kartu KIS dan beberapa kartu lainnya, bahwa saya disini tidak mampu," katanya. 

Disamping itu, mereka juga berharap kepada pihak DPRD Batanghari dapat memanggil kades baru ini. Dan mereka juga meminta jawaban dan alasan tidak lagi menerima bantuan Rasta ini.

Pewarta: Heriyanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017