Kerinci, Antarajambi.com - Festival Masyarakat Peduli Danau Kerinci tahun 2017 , diselenggarakan dari tanggal 26 sampai dengan 29 juli 2017 dan merupakan termasuk agenda Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Event FMPDK XVI yang dipusatkan di Danau Kerinci Sanggaran Agung, Kabupaten Kerinci.

Diselenggarakan FMPDK setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar Danau Kerinci tentang potensi keindahan alam Kerinci dan pentingnya kerjasama antar stakeholder untuk mengembangkan potensi tersebut sebagai destinasi wisata nusantara.

Festival bertema "Cerminan Suksesnya Branding Pariwisata Menuju Jambi Tuntas”, menampilkan tari massal, pawai budaya, festival budaya spesifik unik, lomba parno adat dari 16 kecamatan di Kabupaten Kerinci, serta pertunjukan dan lomba seni budaya.

Berbagai pertunjukan dan lomba seni budaya yang ditampilkan, seperti Tari Rangguk Tradisi, lomba tari kreasi, lomba berbalas pantun, lomba mengaji adat Kerinci, lomba menumbuk padi (3 antan 1 lesung) nampi padi/beras khas Kerinci, lomba giling cabe tradisional, lomba masakan sambal khas Kerinci, serta lomba sike rebana dan fashion show antar MAN, SMA, mahasiswa, dan sanggar se-Kabupaten Kerinci.

Selain festival budaya, masyarakat yang mengunjungi FMPDK XVI akan disuguhi pameran berisi banyak stan kuliner dan hasil kerajinan khas Jambi.

Bagi yang ingin menyaksikan FMPDK XVI, perjalanan menuju Kabupaten Kerinci dapat ditempuh dengan jalur darat dari Kota Jambi dengan jarak tempuh lebih kurang 9-10 jam. Untuk mempersingkat waktu juga bisa melalui jalur udara menuju bandara perintis Depati Parbo, dari Bandara Sultan Thaha Jambi, dengan jarak tempuh hanya 45 menit.

Acara berlangsung meriah karena dibuka langsung oleh Gubernur Jambi Zumi Zola didampingi istri Sherin Tharia, turut hadir Kapolda Jambi, para Bupati dan Walikota Se- Provinsi Jambi.

Pewarta: Kenneta

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017