Jambi, Antarajambi.com - Asrama Haji Provinsi Jambi yang masih dalam tahap penyelesaian pembangunannya dilengkapi dengan tiga kanopi pada bagian depan teras lantai dua.

Kanopi itu terpasang di lantai dua yakni dua kanopi di sayap kanan dan satu kanopi berukuran lebih besar di sayap kiri.

Kanopi berbingkai besi bulat berbentuk lengkung setengah lingkaran oval tersebut memberikan aksen dan nuansa tersendiri dari bangunan yang dibangun di Jalan H Agus Salim Kota  Jambi dengan anggaran sebesar Rp57,6 miliar itu. 

Kanopi diberi penutup warna putih, khas seperti warna tenda-tenda yang biasa terpasang di Tanah Suci Mekkah maupun Madinah.
 
Bangunan berarsitektur gaya mediterania tersebut dicat warna cream dan coklat tersebut memberi warna tersendiri di kompleks asrama haji itu yang mana bangunan-bangunannya di sana didominasi warna hijau.

Bangunan asrama haji itu, pada tahun ini ditargetkan bisa disingahi oleh para calon haji Jambi, meski baru hingga lantai tiga yang bisa dipergunakan. Asrama haji, meski pengerjaanya mengalami keterlambatan penyelesaian ke depannya akan menjadi ikon bagi keberangkatan haji di provinsi itu.

Bagian belakang bangunan baru itu, berdiri wisma haji lama dan aula asrama haji , sedangkan di sisi kanannya mesjid berkapasitas seribu jamaah. Kompleks itu didukung  lahan parkir yang cukup luas.

Berdasar jenisnya, asrama haji itu ada tiga yakni asrama haji embarkasi, asrama haji embarkasi antara dan asrama haji transit. 

Asrama haji embarkasi dan asrama emarkasi antara mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan akomodasi, konsumsi, bea cukai, imigrasi, karantina, city check iin dan layanan lainnya yang diperlukan dalam rangka pemberangkatan dan pemulangan bagi jamaah haji.

Sedangkan asrama haji transit, mempunyai tugas menyelenggarakan pelayanan akomodasi, konsumsi dan layanan lainnya.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017