Jambi, Antarajambi.com - Pengamat Sosial dan Politik Universitas Jambi, M Farisi, SH. L Lm mengatakan dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Tentara Nasional Indonesia (TNI) sudah sepantasnya TNI menjelma menjadi salah satu kekuatan militer yang mumpuni dan disegani di mata dunia, yaitu dapat mengintegrasikan kehendak politik untuk menjaga setiap jengkal wilayah di Indonesia.

"Tentara Nasional Indonesia harus unjuk aksi memainkan peran utama di wilayah Indonesia, bukan hanya sekedar di bidang pertahanan saja," katanya di Jambi, Rabu.

Menurutnya TNI juga harus memiliki peran di ranah politik dan ekonomi, agar nyaman dalam urusan politik dalam negeri dan kemudian harus seimbang  dalam membangun peran strategis menjaga ketahanan NKRI.

Dijelaskannya, ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya ada syair "bangun lah jiwanya, bangunlah badannya". Menurutnya dari syair tersebut dapat diartikan bukan hanya dari bidang pertahanan saja harus diperkuat, tetapi juga dari bidang politik dan ekonomi, yang mana pada saat ini Indonesia berperang ideologi, ekonomi dan budaya. 

"Harapanya adalah, ada salah satu perwakilan dari TNI ke bidang Pemerintahan dan di bidang legeslatif," ujarnya.

Menurutnya lagi, akan lebih baik secara bertahap pemerintahan juga memastikan integritas kebijakan politik dalam negeri dan pertahanan agar dapat beriringan dalam peningkatan anggaran pertahanan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Jika pertahanan TNI di Bumi Pertiwi ini sudah mumpuni, mimpi Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno 72 tahun silam untuk menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekuatan militer terbaik dunia akan menjadi kenyataan," katanya menambahkan.(Ant)

Pewarta: Dodi Saputra/Zukni

Editor : Dodi Saputra


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017