Jambi, Antarajambi.com – Pemerintah Kabupaten Batanghari menggelar pawai kirab dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional III tahun 2017 yang melibatkan ribuan santri  dari 22 pondok pesantren di daerah itu, Sabtu.

Pawai kirab di lepas dari lapangan Garuda Muara Bulian  oleh Kepala Kementrian Agama H Herman dan finis di depan Rumah Dinas Bupati Batanghari dengan disaksikan oleh Sekda Batanghari H Bakhtiar dan jajaran pejabat di lingkup pemerintahan kabupaten itu.

"Melalui  peringatan Hari Santri Nasional ke-3 di Babupaten Batanghari  diharapkan dapat meningkatkan jalinan tali silaturahmi antar santri,” kata Sekda Batanghari Bakhtiar.

Dengan mengangkat tema meneguhkan peran serta santri dalam bela negara, menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI, diharapkan seluruh santri yang berada di kabupaten tersebut dapat mencerminkan "akhlakul karimah" berdasarkan Alqur’an.


Pemda setempat juga berharap pondok-pondok pesantren yang ada di kabupaten tersebut dapat menempa santri-santri yang berprestasi, sehingga dapat membanggakan nama daerah tersebut.

"Harapan kita pondok-pondok pesantren yang tersebar di beberapa kecamatan ini dapat memunculkan santri-santri yang berprestasi, terutama di bidang keagamaan. Seprti qori dan qori’ah sehingga bisa kita ikut sertakan dalam gelaran MTQ Baik di tingkat provinsi dan harapannya sampai ke tingkat nasional,” kata bakhtiar menjelaskan

Saat ini sudah ada beberapa santri di kabupaten tersebut yang mencatatkan prestasinya pada gelaran MTQ tingkat provinsi jambi, diantaranya juara satu lomba sarhil Qur’an pada MTQ ke 47 di Kabupaten Tanjabtim beberapa waktu lalu. Dan masih banyak prestasi lainnya.

Dalam kesempatan ini, pemerintah  setempat juga memohon dukungan serta do’a masyarakat batanghari agar peserta Musabaqah Qiroatil Kutub (MTQ) kabupaten tersebut yang saat ini tengah berlaga di Kabupaten Muaro Jambi dapat menjadi yang terbaik.


Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017