Jambi, Antarajambi.com - Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Provinsi Jambi melakukan fasilitasi jaringan komunikasi pelaku usaha muda di provinsi itu dalam pengembangan produksi dan pemasaran.

"Komunikasi informal dilakukan, menambah dan terus menambah jaringan serta mengoptimalkan komunikasi antar pelaku usaha dan jejaring mereka di daerah," kata Ketua BPC Hipmi Jambi M Khadafi di Jambi, Sabtu.

Pihaknya berupaya untuk membuka ruang komunikasi bagi para pelaku usaha daerah itu tanpa ada sekat dan klaster, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi bisnis yang maksimal dan memfasilitasi kendala dan mendapatkan solusi yang dibutuhkan.

Pengembangan bisnis saat ini, menurut dia tidak bisa dilakukan seorang diri namun lebih efektif mengembangkan jaringan sehingga saling melengkapi dan memberikan keuntungan dari kerja sama itu.

"Khususnya dalam pemasaran produk, perlu jaringan dan jangan berpuas hanya dengan skala produksi saja. Bisa melalui online bisa juga off line. Semua harus ditempuh menggunakan fasilitas dan kemudahan yang ada," kata Khadafi. 

Hipmi Provinsi Jambi, kata dia membuka ruang untuk diskusi dan pendampingan bisnis dalam pengembangan bisnis serta bersinergi dengan institusi lainnya.

Selain itu pihaknya juga mendorong generasi muda untuk berani mengawali usaha dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi lingkungannya.

"Generasi muda harus berani memulai usaha, berani berinovasi dan bereksperimen. Tentu ada dinamikanya dan itu harus dilalui. Jangan ragu merekrut tenaga kerja bila  itu untuk meningkatkan kapasitas usaha," katanya.

Lebih lanjut ia menyuebutkan, Jambi memiliki potensi kreatif yang bisa dikembangkan dan menunggu kehadiran para kreator bisnis.

"Jambi tak hanya kaya dengan hasil perkebunannya saja, tapi juga punya potensi lain yang bisa digali.  Industri kreatif salah satunya, dan progresnya cukup besar ke depan," katanya.

Sementara itu Kepala Cabang PNM Jambi Setiya Joko Santosa menyebutkan, industri kreatif saat ini menjadi salah satu fokus dari fasilitasi pembiaan PNM melalui layanan ULLaM dan Mekkar yang dikembangkan oleh lembaga keuangan BUMN tersebut di Kota Jambi.

"Pertumbuhan ekonomi Jambi terus tumbuh, juga pelaku usahanya meningkat. Dan ekonomi kreatif ini yang menjadi target kami ke depan. Kami melakukan pemetaan," kata Joko.

Salah satu upaya yang dilakukan PNM Cabang Jambi yakni dengan melakukan fasilitasi diskusi dan tukar pikiran pengembangan kapasitas usaha yang rutin digelar secara rutin dengan menghimpun mitra maupun calon mitra PNM.

Pewarta:

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017