Batanghari, Antarajambi.com – Sepanjang tahun 2017 sekitar 101 hektar hutan dan lahan di Kabupaten Batanghari terbakar akibat ulah oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Sepanjang Januari hingga 30 oktober 2017, hutan dan lahan di Kabupaten Batanghari yang terbakar sekitar 101 hektar,"  kata Kepala Pelaksana BPBD Nazhar di Muara Bulian, Kamis.

Hutan dan lahan yang terbakar tersebut berasal dari 14 titik api yang tersebar di lima kecamatan di kabupaten itu. Wilayah yang mendominasi kebakaran hutan dan lahan di daerah itu ialah Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Bajubang.

Dikatakan Nazhar lima kecamatan hutan dan lahannya yang terbakar tersebut yakni kecamatan Muara Bulian, Kecamatan Muara Tembesi, Kecamatan Maro Sebo Ulu, Kecamatan Mersam dan Kecamatan Bajubang.

"Di Kecamatan Muara Bulian terdapat enam hektare, Muara Tembesi 2,5 hektare, Mersam tiga hektare, Kecamatan Bajubang 18,5 hektare dan di kecamatan maro sebo ulu 70 hektar,” katanya.

Sebagian besar hutan dan lahan yang terbakar tersebut merupakan lokasi cetak sawah. 

Dimana oknum yang tidak bertanggung jawab membakar sisa staking cetak sawah yang terdapat di kawasan tersebut. Selain lokasi cetak sawah, luasan lahan yang terbakar tersebut juga merupakan ulah warga yang hendak membuka lahan pertanian dengan cara membakar. 

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017