Lhokseumawe, Antara Jambi - Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal  melepas anggota Pramuka Saka Bahari Aceh sebagai peserta kegiatan Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara) VII 2017.

Enam anggota Pramuka Binaan Lanal Lhokseumawe yang dilepas di Lhokseumawe, Jumat sore, berangkat ke Jakarta terlebih dahulu dan  bergabung dengan anggota pramuka lainnya dari seluruh Indonesia untuk mengikuti pelayaran keliling nusantara.

Dan Lanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) M Sjamsul Rizal mengatakan, Pelantara VII merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Sail Sabang 2017, yang menempuh rute pelayaran mulai dari Jakarta, Batam, Belawan, Sabang, Padang, Bengkulu dan kembali lagi ke Jakarta.

"Mereka berangkat dengan Kapal Perang Indonesia (KRI) di mana pada setiap daerah persinggahannya, para peserta mengikuti kegiatan Perkemahan Pesisir dan Perkemahan Pelantara," ungkap Dan Lanal.

Lanjutnya, dengan adanya persinggahan di beberapa daerah diharapkan mampu memahami keanekaragaman budaya Indonesia, mengenal karakteristik budaya pada masing-masing daerah dan juga mengenal berbagai potensi maritim yang ada di Indonesia.

"Pelantara ini, merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh TNI AL, bersama dengan Pramuka Saka Bahari tingkat nasional, yang bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda Saka Bahari, serta memberikan pemahaman tentang kebangsaan, bela negara, kemaritiman, keangkatan lautan, kepemimpinan, serta kehidupan beraneka ragam budaya maupun sosial dan kehidupan prajurit TNI AL di kapal perang," jelas  Letkol Laut M Sjamsul Rizal.

Oleh karena itu, dirinya sangat mengharapkan kepada peserta supaya selain menjaga kesehatannya dengan agar bisa mengikuti kegiatan dengan maksimal, juga mampu menambah pengetahuan tentang kemaritiman serta memperkuat tali silaturahmi antar sesama peserta.

"Selaku Majelis Pembimbing Saka Bahari dan atas nama pribadi, saya ucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengijinkan siswanya untuk mengikuti kegiatan Pelantara ini. Begitu pula, kepada kakak-kakak pembina yang berkenan meluangkan waktu berbagi ilmu dan pengalaman untuk memberi bekal kepada peserta dalam mengikuti pelantara ini," katanya.

Pewarta: Mukhlis

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2017