Jambi (Antaranews Jambi) - Pemerintah Kabupaten Muarojambi Provinsi Jambi menghibahkan lahan seluas 7,5 hektare untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus perempuan pertama di provinsi itu.

"Dengan adanya lapas perempuan tersebut diharapkan warga binaan wanita bisa ditampung di satu lokasi. Kita tidak mendoakan Lapas itu terisi penuh namun setidaknya warga binaan perempuan mendapat tempat yang semestinya," kata Bupati Muaro Jambi Hj Masnah Busyro di Sengeti, Jumat.

Serah terima lahan untuk pembangunan lapas perempuan berkelas II B tersebut telah dilakukan oleh Bupati Masnah kepada Kepala Kanwil Kemkumham Provinsi Bambang Palasara beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut ia menyebutkan, lahan yang berlokasi di KM26 Desa Bukit Baling Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi itu rencananya akan dibangun fasilitas Lapas untuk kapasitas tampung 500 orang warga binaan perempuan.

Pada kesempatan itu, Bupati Muarojambi juga menyatakan dan berharap bisa membantu untuk sumber daya manusia (SDM) yang akan ditempatkan di lapas tersebut baik itu staf maupun sipir.

"Bila diperlukan kami juga akan menfasilitasi SDM yang berkualifikasi bila diperlukan oleh Kementerian Hukum dan HAM untuk ditempatkan di lapas itu," katanya.

Sementara itu kepala Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Jambi Bambang Palasara menyatakan Lapas Kelas IIB khusus perempuan yang akan dibangun di Kabupaten Muarojambi tersebut akan menjadi lapas perempuan pertama di Provinsi Jambi.

Menurut dia, keberadaan lapas khusus perempuan itu telah diatur dan diamanatkan dalam Undang undang yakni minimal di tingkat provinsi harus memiliki minimal satu lapas khusus perempuan.

"Mudah-mudahan dengan adanya lapas khusus ini, warga binaan perempuan bisa dikumpulkan di satu lokasi, saat ini masih terpencar. Sehingga akan memudahkan pembinaan, pengamanan dan memenuhi unsur-unsur HAM," katanya.

Setelah proses hibah tanah tuntas dari Pemkab Muarojambi, maka akan ditindaklanjuti dengan penganggaran untuk pembangunannya melalui daftar isian penggunaan anggaran (DIPA) yang bersumber dari APBN.


Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018