Jambi, Antaranews - Enam mahasiswa Filipina dan Thailand peserta Program Pengenalan Lapangan (PPL) ASEAN melakukan praktik mengajar di tiga SMA dan SMP di Kota Jambi.

"Saat ini peserta PPL ASEAN tengah memasuki program praktek mengajar, materinya ekonomi manajemen dan perpajakan. Ada juga yang mengajar matematika," kata Koordinator PPL ASEAN UPT Internasional Universitas Jambi, Rahmalia di Jambi, Selasa.

Para mahasiswa program PPL ASEAN tersebut, melakukan praktik mengajar di SMAN 1, SMAN 5 dan SMPN 7 Kota Jambi. Setiap mahasiswa didampingi oleh seorang guru pendamping di kelas.

Kendati menyampaikan materi pengajaran dengan bahasa Inggris, namun para pelajar di sekolah itu bisa memahami materi yang disampaikan. Bahkan terjadi kegiatan interaktif antara siswa dengan mahasiswa PPL tersebut.

"Bahasa pengantarnya bahasa Inggris, mereka enjoy dan bisa diterima oleh para siswa. Mereka mendapatkan pengalaman baru dan materi baru," kata Rahmalia.

Sebanyak enam mahasiswa ASEAN dari Filipina dan Thailand mengikuti program Pengenalan Praktek Lapangan (PLL) di Provinsi Jambi yang difasilitasi oleh UPT Layanan Internasional Universitas Jambi (Unja).

Mahasiswa yang PPL di Jambi itu adalah Pakaiporn Onsri, Natthida Sriyam dari Valaya Alongkorn Pajabhat Univerasity (Thailand). Kemudian jehlie Alaisa Marasigan , Kimberli M Merera, Jhoana Marie Rasco, Marrie An Nevado (Pangasinan State Unibersity) Filipina.

Para mahasiswa itu akan melakukan PPL ASEAN selama sebulan hingga 19 Februari 2018. Selama di Jambi didampingi oleh tiga dosen pembimbing dari Unja serta lima orang guru SMA.

Kehadiran para mahasiswa ASEAN tersebut merupakan kegiatan program Teacher Project yang diikuti oleh para mahasiswa ASEAN. Khusus di Unja, kegiatan itu merupakan yang pertama kalinya.

Selain kedatangan enam mahasiswa ASEAN itu, Unja juga mengirimkan enam orang mahasiswanya untuk program itu yakni lima mahasiswa ke Filipina dan satu mahasiswa ke Thailand.
   
"Mahasiswa Unja yang ikut program PPL ASEAN di Thailand dan Filipina juga telah memasuki program mengajar di sana," kata Rahmalia menambahkan.***


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018