Jambi,  (Antaranews Jambi) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat angka pertumbuhan produksi Industri Manufaktur Besar dan Sedang (IMBS) pada triwulan IV-2017 mengalami penurunan produksi sebesar minus 6,54 persen dibandingkan dengan triwulan IV-2016.

Kepala BPS Jambi, Dadang Hardiwan, di Jambi Kamis mengatakan, sementara itu untuk pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulanan IV-2017 juga menurun sebesar minus 3,13 persen dari triwulan III-2017.

Penurunan pertumbuhan produksi ini dialami oleh kedua industri yang mewakili Industri Besar Sedang di triwulan IV-2017, yaitu industri makanan turun sebesar minus 9,34 persen sedangkan angka pertumbuhan nasional naik sebesar 15,28 persen.

Demikian pula hal nya dengan industri karet dan bahan dari karet serta plastik, angka pertumbuhan produksi industri ini turun sebesar minus 4,71 persen dan angka pertumbuhan nasional naik sebesar 8,96 persen.

Dadang menjelaskan, pada triwulan IV-2017, tidak ada industri yang mewakili pertumbuhan produksi Industri Besar dan Sedang yang mengalami pertumbuhan positif dibandingkan triwulan III-2017.

Kedua industri yang mewakili pertumbuhan produksi Industri Besar dan Sedang di triwulan IV tahun 2018 mengalami pertumbuhan negative yaitu Industri karet, barang dari Karet dan Plastik turun sebesar minus 8,33 persen.

Sedangkan untuk angka pertumbuhan nasional naik sebesar 8,53 persen dan industri makanan turun sebesar minus 4,63 persen sedangkan angka nasional meningkat sebesar sebesar 1,32 persen, kata Dadang Hardiwan.

Pertumbuhan produksi industri manufaktur pada 2017 ini, seluruhnya akan disajikan dalam kode Klasifikasi Baku Lapangan Usahan Indonesia (KBLI) terbaru tahun 2015 menurut International Standard Industrial Classification of All Economics Activities (ISIC) United Nations yang direvisi empat tahun 2008. Kode KBLI yang disajikan adalah untuk kode klasifikasi dua digit.

Angka pertumbuhan Industri Besar dan Sedang disajikan untuk pertumbuhan antar triwulan dan antar tahun untuk tiga jenis industri antara lain industri makanan, industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia dan industri karet, barang dari karet dan plastik.

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018