Jambi (Antaranews Jambi) - Jadwal pengisian Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) untuk Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Islam Negeri (SPAN-PTKIN) diperpanjang hingga 3 Maret 2018.

"Pengisian PDSS SPAN-PTKIN dari semula akan ditutup pada 24 Februari 2018 diperpanjang hingga 3 Maret 2018, kami telah mendapat surat perpanjangan ini dari panitia pusat," kata Kepala Bidang Akademik Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Jambi Darul Hipni di Jambi, Sabtu.

Ia menyebutkan, dengan perpanjangan masa pengisian PDSS oleh pihak sekolah tersebut maka masih ada kesempatan bagi sekolah yang belum mengisi PDSS, otomatis peluang penambahan jumlah siswa yang bisa ikut seleksi itu masih ada.

Hingga Sabtu (24/2), jumlah siswa yang telah masuk melalui pendaftaran PDSSyang masuk ke sistem UIN jambi sebanyak 12.200-an siswa dari sekolah tingkat SMA, MAN, MA swasta. Meski demikian belum ada jadwal input data siswa yang mendaftar dari panitia pusat itu. Sebelumnya pendaftaran SPAN-PTKIN pada 1 Maret, namun dengan adanya perpanjangan ini jadwalnya ikut berubah.

"Baru ada pemberitahuan perpanjangan pengisian PDSS, sedangkan untuk input belum ada jadwalnya," katanya.

Darul Hipni menjelaskan SPAN-PTKIN merupakan seleksi mahasiswa UIN dan perguruan tinggi islam negeri lainnya berdasarkan raport akademik siswa selama di bangku SMA, MA dan MA swasta. Pendaftaran melalui SPAN PTKIN itu tidak dipungut biaya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, UIN Jambi pada 2018 menargetkan ada peningkatan jumlah lulusan yang memilih ke perguruan tinggi itu melalui jalur itu. Pada SPAN-PTKIN 2017 jumlah pendaftar sebanyak 1.700-an yang diterima sebanyak 700-an orang.

Menurut dia, adanya penambahan program studi pada tahun 2018 ini, membuat kuota penerimaan mahasiswa baru UIN Jambi bertambah dibandingkan dengan tahun 2017 lalu. Dalah satunya Fakultas Dakwah, yang mana pada 2017 lalu ada pemisahan beberapa prodi dari

Fakultas Ushuludin, salah satunya jurnalistik Islam dan prodi hubungan masyarakat.***

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018