Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Provinsi Jambi Hj Masnah Busyro melakukan pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Kantor  Kementerian ESDM di Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta Pusat, Senin (26/3).

Bupati diterima oleh Menteri Ignasius Jonan di ruang tamu utama. Dalam kunjungannya itu, Bupati Masnah didampingi beberapa pejabat Pemkab Muarojambi terkait dengan bidang energi dan sumber daya mineral.

Pertemuan tersebut membahas bantuan anggaran program percepatan pembangungan di bidang energi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk Kabupaten Muarojambi.

Bupati Masnah menyampaikan sejumlah paparan program energi di Kabupaten Muarojambi dan melakukan koordinasi serta konsultasi dengan menteri yang sebelumnya menjabat Menteri BUMN dan Dirut PT Kereta Api Indonesia itu.

Beberapa usulan yang diajukan Pemkab Muarojambi adalah terkait layanan gas perkotaan atau "city gas" serta sumur pompa tangan sebanyak dua buah,

"Selain kedua usulan itu, Alhamdulillah Pak Mentri sangat merespon dengan baik apa-apa saja yang kita usulkan, dan tentunya arahan," kata Bupati Masnah dalam rilisnya.

Seusai pemaparan dan konsultasi program energi Kabupaten Muarojambi itu, Menteri Ignasius Jonan menyarankan kepada bupati untuk segera membuat rincian program dan proposalnya, untuk selanjutnya disampaikan ke Kementerian ESDM sesuai dengan mekanisme yang ada.

"Selain itu kabupaten kita (Muarojambi)  juga mendapat bantuan dari Kementerian ESDM berupa 500 panel surya dan bantuan lampu penerangan jalan bertenaga surya untuk seribu titik," kata Bupati Masnah.

Program listrik tenaga surya merupakan salah satu program yang didorong oleh pememerintah dan masuk dalam program Nawacita Presiden Joko Widodo dalam pemenuhan energi, khususnya dalam pemanfaatan energi baru terbarukan.

Selain mendorong penggunakan energi bersumber tenaga surya, pemerintah juga mendorong perusahaan nasional untuk mengembangkan produksi panel surya. Salah satunya perusahaan BUMN strategis, PT Len Industri (Persero) melalui anak perusahaanya PT Eltrans memproduksi panel surya untuk memenuhi kebutuhaan listrik tenaga surya di Indonesia.

Upaya Bupati Muarojambi untuk merealisasikan program pemerintahanya dengan menemui menteri bukan sekali ini saja. Sebelumnya bupati perempuan pertama di Jambi itu juga melakukan kunjungan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia bertemu dengan Menteri Yassona Laoly untuk merealisasikan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas II khusus wanita di Kabupaten Muarojambi.***1***


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018