Jambi, Antaranews Jambi – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kabupaten Batanghari bangun jaringan sambungan air bersih sepanjang 40 kilometer ke rumah-rumah masyarakat.

"Jaringan tersebut dibangun guna mendukung program sambungan air bersih yang di berikan kepada keluarga berpenghasilan rendah," kata Direktur Utama PDAM Tirta Batanghari Abu Bakar Sidik di Muarabulian, Kamis.

Pada tahun 2018 ini sebanyak 2.500 masyarakat berpenghasilan rendah yang tersebar di delapan kecamatan di daerah itu mendapatkan sambungan gratis air bersih. Jaringan tersebut dbangun ke wilayah-wilayah pemukiman masyarakat yang belum terjangkau oleh jaringan air bersih milik PDAM.

Dari delapan kecamatan di daerah itu, sebagian besar jaringan tersebut di bangun di Kecamatan Muara Bulian, Mersam dan Kecamatan Pemayung.

Sidik mengatakan jaringan tersebut diperkirakan akan selesai di bangun pada bulan mei mendatang. hal itu dikarenakan pada bulan juni sambungan air bersih gratis tersebut sudah harus  di pasang ke rumah-rumah warga penerima manfaat.

"Saat ini program tersebut dalam tahap verifikasi dari kementrian PUPR,  ada 2.500 penerima manfaat dan 100 penerima manfaat cadangan yang di verifikasi," kata Sidik.

Pembangunan jaringan air bersih ersebut terdiri dari jaringan pipa dua inci dan empat inci. Jaringan pipa empat inci merupakan jaringan dari saluran induk ke wilayah pemukiman, dan jaringan pipa dua inci digunakan sebagai jaringan dari wilayah pemukiman menuju rumah-rumah warga.

Pewarta: Muhamad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018