Jakarta, (Antaranews Jambi) - Calon petahana di pilkada Kota Baubau, Sulawesi Tenggara AS Tamrin menyatakan bahwa bekerjanya "mesin partai" dan bertambahnya dukungan sukarelawan kian menguatkan optimisme dirinya akan memenangi kontes politik lima tahunan itu.

"Kombinasi antara dua hal ini, yakni 'mesin partai' pengusung yang solid dan terus munculnya dukungan sukarelawan adalah modal politik dan sosial yang membuat kami semakin yakin akan mendapat amanah dari masyarakat Baubau lagi untuk melanjutkan kepemimpinan," katanya di Jakarta, Senin pagi.

AS Tamrin berada di Jakarta menghadiri undangan Rapat Koordinasi Nasional III Bidang Kemaritiman di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Minggu.

PDIP adalah satu dari empat parpol pengusung AS Tamrin, yang berpasangan dengan La Ode Abdul Monianse, Ketua DPC PDIP Baubau, yang populer disebut pasangan "Tampil Manis", selain PAN, Nasdem dan Partai Golkar pada Pilkada 2018, yang serentak dilangsungkan pada 27 Juni mendatang.

Partai pengusung pasangan "Tampil Manis" itu adalah PAN (5 kursi), Partai Nasdem (2 kursi), Golkar (1 kursi) dan PDIP (1 kursi), sehingga total ada 9 kursi atau 36 persen.

Menurut dia, khusus untuk barisan sukarelawan yang sudah mendukung di antaranya "Matangkamo", Salam AST, Srikandi "Polimo", TW 18, Menara Juang Polimo, Barisan Muda, T28, ASB dan beberapa lainnya.

AS Tamrin, yang juga Ketua DPD PAN Baubau itu  mengaku bahwa berdasarkan survei, baik yang dilakukan secara internal maupun oleh lembaga survei eksternal, hasilnya juga menguatkan dukungan dari berbagai kalangan.

"Sebulan lalu, hasilnya sekitar 45 persen dukungan untuk pasangan kami," katanya.

Parameter lainnya, yakni berdasarkan kampanye dialogis dan terbuka, di mana pasangan itu selalu membludak.

"Insya Allah dengan indikasi dan parameter itu, kami optimistis bisa menang," katanya.

Perkembangan terbaru, menurut AS Tamrin, pihaknya mendapat tambahan dukungan dari Partai Berkarya, yang didirikan Hutomo "Tomy Soeharto" Mandala Putra dan juga Partai Partai Islam Damai dan Aman (Idaman) besutan "Raja Dangdut" Rhoma Irama.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), pada Januari 2018 menyatakan sebanyak enam pasangan calon telah mendaftar di KPU Kota Baubau untuk mengikuti pilkada setempat.

Dari enam pasangan calon tersebut terdiri atas empat pasangan jalur partai politik dan dua pasangan calon melalui jalur independen.

Empat pasangan calon dari parpol adalah H AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse. Kemudian, H Yusran Fahim-Ahmad (HYF-AHMAD) dengan partai pengusung Partai Demokrat (3 kursi), PPP (2 kursi), dan PKS (1 kursi) sehingga total dukungan 6 kursi (24 persen) dari total kursi DPRD Kota Baubau.

Selanjutnya, pasangan Hj Wa Ode Maasra Manarfa-Ihksan Ismail dengan partai pengusung Partai Bulan Bintang (3 kursi) dan Partai Gerindra (2 kursi), total 5 kursi (20 persen), dan pasangan Hj Roslina Rahim-La Ode Yasin yang diusung Partai Hanura (3 kursi), PKB (2 kursi), total 5 kursi (20 persen).

Sedangkan dua pasangan perseorangan adalah Ibrahim Marsela-Ilyas, dan pasangan Nur Salam-Nurman Dani.

Pewarta: Andi Jauhari dan Rahmat Nasution

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018