Jambi, (Anttaranews Jambi) - Para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Laskar Nusantara di Desa Dataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung
Barat Provinsi Jambi mengembangkan budidaya ikan nila di kebun sawit di daerah itu.

"Kami memulai operasi budidaya ikan nila sejak Oktober 2017, dan kali ini mempersiapkan panen kedua," kata Nanang, salah seorang pemuda pengelola kolam ikan itu, Minggu.

Sedikitnya 30 pemuda karang taruna terlibat dalam pengelolaan 10 kolam ikan dengan sistem waring atau jaring. Yang mana kolam ikan persegi empat kemudian bagian tengahnya dibuatkan jaring untuk membatasi gerak ikan, sehingga tidak menyusur atau merusak tepian kolam.

"Ya dengan sistem kolam jaring, ikan-ikan itu kami beri pakan berupa pelet dan juga ampas tahu," katanya.

Baca juga: Desa Dataran Kempas Tanjabbar meniti pentas nasional
Baca juga: Petani Dataran Kempas Produksi Kompos 1.000 Ton

Kelompok tani itu merupakan salah satu dari binaan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) dari PT Wirakarya Sakti grup APP Sinarmas Forestry.

Kolam di tengah kebun sawit tersebut memiliki luas setengah hentare yang terletak di alur lembah yang mendapat pasokan air yang cukup di lokasi itu. Kawasan itu dikembangkan pula sebagai kawasan wisata edukasi dan kreatif.

Selain kolam juga terdapat rumah-rumah panggung untuk difungsikan sebagai tempat pertemuan, gerai penjualan makanan khas umbi-umbian serta beberapa panggung untuk melepas lelah pengunjung.

"Suasananya rindang, dan asyik untuk dikunjungi keluarga. Sayangnya tidak ada kolam yang bisa dipancing, dan akses jalan ke sini cukup jauh," kata salah seorang pengunjung asal Kota Jambi.

Baca juga: Supari-Kusminingsih tak asing dengan kompos
Baca juga: Pemprov Jambi antisipasi kenaikan harga pangan

Lokasi itu terletak di Kecamatan Tebing tinggi di kawasan kebun sawit Purwodadi. Untuk mencapai kawasan itu bisa diakses melalui jalur masuk dari KM73 jalur lintas Jambi-Riau atau melalui jalur jalan wilayah konsesi PT Wirakarya Sakti.

Kelompok itu merupakan salah satu dari kelompok kreatif di Desa Dataran Kempas. Potensi kreatif lain di desa itu adalah kompos, tanaman jahe merah, peternakan sapi dan peternakan kambing.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018