Jambi (Antaranews Jambi) – Tim penilaian lomba posyandu nasional melakukan verifikasi terhadap posyandu Wijaya Kusuma di Desa Terentang Baru, Kecamatan Batin XXIV, Kabupaten Batanghari yang masuk dalam enam besar lomba Posyandu nasional.  

“Pada hari ini kita melakukan verifikasi terhadap laporan yang telah di sampaikan oleh kader-kader posyandu beberapa waktu yang lalu," kata Tim Penilai Posyandu Pemerintah Pusat  Endang Budi Hartini di Batin XXIV, Selasa.

Verifikasi tersebut dilakukan oleh tim penilaian dari pemerintah pusat berdasarkan dokumen yang dikirim oleh tim posyandu Batanghari berupa tulisan maupun video. Berdasarkan dokumen yang dikirim dan setelah dilakukan penilaan oleh tim penilai dari pemerintah pusat, Posyandu Wijaya Kusumah tersebut masuk dalam enam besar lomba posyandu tingkat nasional.

 Endang mengatakan hasil verifikasi yang dilakukan pada hari ini akan diolah kembali oleh tim penilai di pemerintah pusat untuk menentukan juara satu sampai dengan juara enam yang nantinya hasil perlombaan tersebut akan diumumkan pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Provinsi Sulawesi Utara pada bulan Juli mendatang.

“Hasil verifikasi ini tentu akan kita cocokkan dengan dokumen yang telah dikirim, apakah dokumen tersebut sesuai dengan fakta di lapangan atau tidak," kata  Endang.

Terpilihnya posyandu tersebut masuk dalam enam besar lomba posyandu nasional karena posyandu tersebut memiliki 20 lebih inovasi pelayanan posyandu, diantaranya inovasi pelayanan no stunting, juru pemantau jentik (jumantik) dan imunisasi dasar lengkap yang diberikan kepada balita dan batita.

Tim penilaian posyandu nasional tersebut berharap semangat kader-kader posyandu tersebut akan terus terjaga, sehingga pelayanan posyandu terhadap masyarakat dapat terus diberikan dan dapat mewujudakan keluarga sehat dan sejahtera.

“Yang terpenting moto dari gerakan hidup sehat tersebut tertanam dalam seluruh masyarakat, sehingga akan terjalin sinergitas antara masyarakat dan pemerintah dalam membangun desa, kecamatan hingga kabupaten dan kota," kata Dra Endang Menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar berharap dengan masuknya Posyandu Wijaya Kusuma tersebut dalam enam besar lomba posyandu tingkat nasional, dapat memacu posyandu-posyandu lainnya. Sehingga akan menimbulkan persaingan yang positif antar posyandu dalam meningkatkan kesehatan keluarga serta masyarakat.

"Selain itu kita berharap kader-kader Posyandu Wijaya Kusuma ini dapat menularkan energi postif terhadap posyandu yang berda di desa-desa lainnya,” kata Bakhtiar.***

 

 

 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018