Jambi, (Antaranews Jambi) - Masjid Agung Al-Fallah Kota Jambi atau biasa disebut Masjid Seribu Tiang tetap memberlakukan shalat tarawih dengan bacaan satu juz satu malam karena sudah menjadi tradisi di masjid agung itu.

Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat (Kesramas) Setda Provinsi Jambi, Amsyernedi dihubungi Antara, Minggu, mengatakan pembacaan satu juzz Al Quran dalam bacaan shalat tarawih sudah dilakukan sejak 20 tahun lalu dan satu-satunya masjid di Jambi yang memberlakukan satu juz satu malam.

"Itu sudah tradisi, alhamdulillah tahun ini masih bisa dilaksanakan, malam ini tarawih juz lima," kata Amsyernedi.

Dijelaskannya, imam untuk shalat tarawih di masjid itu sebanyak enam orang. Dalam satu malam diimami dua imam untuk pembacaan ayat satu juz.

"Alhamdulillah jamaah selalu ramai, imam ada yang dari masjid tersebut dan ada yang disiapkan Pemprov Jambi," katanya menjelaskan.

Selain itu, kata Amsyernedi, di masjid kebanggaan masyarakat Jambi itu setiap malam selalu disediakan makanan berbuka puasa, siapa saja bisa menikmati hidangan yang disiapkan panitia.

Penyediaan makanan untuk berbuka puasa di masjid itu katanya dari sumbangan-sumbangan masyarakat dan instansi-instansi pemerintah.

"Ya mau nyumbang silahkan, nanti panitia masjid menyediakan makanannya. Setiap malam makanan untuk berbuka puasa tersedia," katanya lagi.

Masjid Seribu Tiang adalah masjid agung atau terbesar di Provinsi Jambi yang diresmikan pemakaiannya oleh Presiden Soeharto pada 1980. Masjid itu kini menjadi salah satu ikon wisata religi di provinsi itu.

 

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018