Jambi (Antaranews Jambi) - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi Fachrori Umar memastikan paket sembako dalam Bazar Ramadhan yang dilaksanakan Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) dan TP-PKK Jambi diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu.

Fachrori di Jambi, Rabu, mengatakan pada pelaksanaan bazar yang digelar selama lima hari itu dirinya telah melihat antusias masyarakat untuk membeli kebutuhan bulan puasa dan kebutuhan Idul Fitri.

"Saya lihat banyak sekali masyarakat yang membeli sembako murah. Saya juga cek masyarakat yang mendapatkan kupon suubsidi itu benar-benar masyarakat yang tidak mampu, karena kalau seperti kita para pejabat sebaiknya membeli barang yang harga normal saja," kata Fachrori.

Bazar Ramadhan oleh BKOW dan TP-PKK yang digelar di halaman Sekretariat BKOW itu hingga 3 Juni 2018. Bazar diikuti 50 stan peserta yang terdiri dari stan organisasi wanita, paguyuban, dinas instansi terkait dan pengusaha industri kecil dan menengah.

Baca juga: Sekda Jambi imbau warga manfaatkan bazar Ramadhan
Baca juga: Bupati Muarojambi apresiasi bazar Ramadhan Pelindo

Fachrori berharap bazar dapat pula menciptakan kesetiakawanan sosial dari kalangan yang berada yang hidup serba berkecukupan dengan masyarakat lapisan bawah dan menengah.

Menurutnya Bazar Ramadan yang diselenggarakan itu merupakan bentuk kepedulian serta wujud partisipasi dalam membantu tersedianya kebutuhan masyarakat dalam menghadapi lebaran, juga untuk meningkatkan peran aktif para pengrajin dan pengusaha industri kecil dan menengah untuk berpromosi sekaligus mendapatkan keuntungan lebih dari bazar itu.

Fachrori juga mengatakan bila Ramadhan tiba, bazar akan menjadi suatu kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas, khususnya umat muslim sebagai persiapan untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

"Pengunjung bazar berharap barang yang dijual murah harganya dan kualitasnya tetap terjaga, karena sudah menjadi hukum pasar bahwa pada saat menjelang puasa dan lebaran tiba, harga barang-barang konsumsi beranjak naik dikarenakan sisi permintaan yang meningkat," katanya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua BKOW Provinsi Jambi, Rahima Fachrori mengatakan Bazar Ramadhan yang dilaksanakan merupakan realisasi program kerja BKOW dan TP-PKK Provinsi Jambi yang dilaksanakan setiap tahun saat bulan Ramadhan.

Baca juga: Bazar Dharma Wanita Jambi jual daging Rp70.000 (video)
Baca juga: Sekda Jambi imbau warga manfaatkan bazar Ramadhan
Baca juga: Satgas Pangan intervensi pasar bila harga melonjak

"Penyelenggaraan Bazar Ramadhan ini bertujuan untuk membantu menyediakan kebutuhan utama masyarakat dalam bulan Ramadhan dan menyongsong hari raya Idul Fitri, serta mempererat tali silaturahmi diantara sesama," kata Rahima.

Dalam bazar itu, Disperindag Provinsi Jambi memberikan subsidi paket sembako berisi beras lima kilogram, gula pasir dua kilogram ,minyak goreng dua kilogram dan tepung terigu dua kilogram dengan harga paket normal Rp121 ribu dan disubsidi Rp50 ribu sehingga masyarakat hanya membayar Rp71.000.

Sedangkan harga kebutuhan pokok lainnya seperti cabai hanya diharga Rp20 ribu perkilogram, bawang merah Rp22 ribu per kilogram, bawang putih Rp15 ribu per kilogram, telur Rp1.000 per butir, daging ayam Rp30 ribu per kilogram, daging segar Rp100 ribu per kilogram dan daging beku Rp70 ribu per kilogram.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018