Jambi, (Antaranews Jambi) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah V Provinsi Jambi, menyiapkan tujuh posko mudik untuk memberikan pelayanan kepada pemudik yang melintasi provinsi itu.

Kepala BPTD Wilayah V Provinsi Jambi, Firdaus Rasyad di Jambi, Jumat, mengatakan pendirian posko dilakukan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pemudik dalam melakukan perjalanan.
    
Posko-posko tersebut diantaranya di Bandara Sultan Thaha Jambi, di Terminal Alam Barajo, Terminal Sarolangun, Terminal Bangko dan Terminal Muarobungo dan posko di Pelabuhan Roro, Kualatungkal.
    
"Posko-posko tersebut juga mendata turun naik penumpang dan angkutan yang melewati Jambi," kata Firdaus.
    
Di samping itu, rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalan nasional yang menjadi kewenangan BPTD kata Firdaus juga sudah dibersihkan dari rerumputan sehingga panduan jalan tersebut terlihat jelas pengemudi.
    
"Kemudian rest arae juga disiapkan di jembatan timbang seperti di jalur Sarolangin menuju Sumatera Selatan dan Merlung menuju Riau dengan fasilitas mushalla dan tempat tidur. Pemudik bisa beristirahat di situ," katanya.
    
Sedangkan demi keamanan dan kenyamanan pemudik yang menggunakan transpotasi angkutan darat, BPTD katanya telah melakukan ram cek angkutan AKAP sebanyak 310 unit dan 600 unit AKDP di daerah itu.
    
Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Jamb, M Dianto berharap arus mudik di Jambi hingga arus balik H+7 kondisi keamanan di wilayah Jambi tetap kondusif dan tingkat kecelakaan lalu lintas berkurang dari tahun-tahun sebelumnya.
    
"Sebab itu Dinas Perhubungan memastikan dulu bahwa kendaraan angkutan lebaran 2018 laik jalan dengan mengecek kendaraan, peralatan yang digunakan dan kondisi sopir," kata Sekda.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018