Jambi, Antaranews Jambi - Dinas Perhubungan Kabupaten Batanghari mewacanakan pengujian KIR kendaraan bermotor berbasis on line. 

"Pengujian KIR kendaraan bermotor bernasis on line ini akan di uji coba pada bulan juli mendatang, saat ini masih dalam proses persiapan aplikasi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Batanghari Sopyan di Muarabulian, Sabtu. 

Syopyan mengatakan, pengujian KIR berbasis on line yang di maksud yakni proses pendaftaran pengujian KIR. Dalam proses pendaftaran masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Perhubungan. Pendaftaran dapat dilakukan di mana saja menggunakan smart phone. 

Setelah waktu dan tanggal pengujian di dapatkan melalui proses pendaftaran  secara on line, pemilik kendaraan dapat mendatangi dinas perhubungan untuk melalukan pengujian KIR. 

Tujuan di berlakukannya pengujian KIR kendaraan bermotor berbasis on line tersebut untuk menambah minat masyarakat melakukan pengujian KIR dengan mempermudah proses pengujian. 

Karena selama ini pemilik kendaraan bermotor seperti angkutan barang enggan melakukan pengujian KIR kendaraannya. Sementara pengujian KIR tersebut sangat berguna terhadap keselamatan kendaraan. 

"Dalam aturannya setiap kendaraan terutama angkutan barang, wajib melakukan uji KIR per Enam bulan sekali," kata Syopyan. 


Meski demikian, dinas perhubungan daerah itu mengakui bahwa masih kekurangan alat untuk melaksanakan pengujian KIR berbasis on line tersebut. Namun pada bulan juli mendatang aplikasi pengujian KIR berbasis on line tersebut sudah dapat di akses oleh masyarakat.

"Dalam uji kir tersebut lebih kita fokuskan pada kendaraan truk dan angkutan barang lainnya," kata Syopyan menambahkan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018