Jambi (Antaranews Jambi) - Pasokan cabai ke pasar-pasar tradisional terbesar di Kota Jambi berlimpah sehingga komoditas tersebut mengalami penurunan harga sebesar 15 persen.
     
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah di Jambi, Kamis, mengatakan harga cabai sebelumnya Rp28 ribu per kilogram namun dengan bertambahnya pasokan harga turun sebesar 15 persen.
     
Dijelaskannya, cabai merah keriting sehari sebelumnya diharga Rp28 ribu dan kini menjadi Rp24 ribu per kilogram atau turun sebesar Rp4.000 disebabkan bertambahnya pasokan
     
Begitu juga dengan cabai merah besar mengalami penurunan harga dari Rp26 ribu menjadi Rp22 ribu per kilogram atau turun sebesar Rp4.000 disebabkan bertambahnya pasokan.
     
Ariansyah mengatakan tiga pasar induk yang menjadi acuan harga tersebut yakni Pasar Tradisional Angsoduo, Talang Banjar dan Simpang Pulai.
     
Sedangkan ayam potong (broiler) di Pasar Angsoduo masih diharga Rp37 ribu per kilogram dan di Pasar Simpang Pulai serta Talang Banjar turun diharga Rp38 ribu per kilogram. 
     
Sementara itu untuk harga beras, minyak goreng, gula pasir, telur ayam, daging sapi, bawang dan beberapa jenis barang kebutuhan pokok masyarakat lainnya hingga saat ini terpantau tetap stabil.
   
Disperindag Provinsi Jambi memantau kebutuhan pokok sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No.115/M.DAG/PER/12/2015 untuk mengetahui perkembangan harga dan distribusi barang kebutuhan pokok masyarakat.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018