Jambi (Antaranews Jambi)- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (Unja) berhasil meraih akreditasi A berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1690/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018.

"Ini semua hasil kerja sama dan kerja keras tim penyusun borang, Prodi Pendidikan Kimia FKIP sebagai mitra, dosen senior dan LP3M menjadi mentor kami," kata Prodi PGSD Drs Faizal Chan yang dikutip melalui laman resmi Universitas Jambi, Kamis.

Akreditasi A yang diraih Prodi PGSD Unja tersebut dengan jumlah point 364 yang ditetapkan tanggal 9 Juli 2018.

Pencapaian akreditasi A tersebut kata Faizal Chan, menjadi salah satu bentuk kontribusi dan tanggung jawab kepada masyarakat. Sebab, masih banyak yang harus dibenahi dan dievaluasi untuk meningkatkan kualitas akademis mahasiswa PGSD.

Baca juga: Sistem "Elista" Unja cegah plagiat tugas akhir
Baca juga: Prof Naswir jabat dekan Fakultas Teknik Unja

Dia mengatakan bahwa target ke depan yakni melakukan pembenahan fasilitas sarana dan prasarana pembelajaran di PGSD.

"Target saat ini memfasilitasi mahasiswa secara akademis. Banyak fasilitas yang harus dibenahi seperti labor, jadi ada lima bidang studi pokok yang belum ada labornya," katanya menjelaskan.

Saat ini Prodi PGSD juga termasuk dalam Praktik Pengalaman Lapnagan (PPL) internasional serta iklim pembelajaran sesuai kurikulum yang direvitalisasi dengan kurikulum PGSD Nasional.

Baca juga: Rektor Unja ketua umum Iluni-UI Jambi
Baca juga: Mahasiswa peneliti dari Kehutanan Unja kecelakaan di Gunung Kerinci

Sementara itu, Dekan FKIP Unja Prof Asrial mengatakan, selain PGSD, Prodi Pendidikan Kimia juga telah mendapatkan akreditasi A pada bulan Juni 2018 lalu, sehingga bagi Prodi yang telah mendapatkan akreditasi A pada FKIP Unja tersebut dapat diarahkan untuk mencapai akreditasi Asean.

"Tentunya kami bersyukur atas hasil akreditasi PGSD. Ke depan lebih besar kalau bisa go Asean. Kita sudah rintis ke Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia, disamping itu kita juga akan kontak Deakin University di Australia," kata Dekan menambahkan.

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018