25 calon haji meninggal di Tanah Suci

Sabtu, 4 Agustus 2018 20:02 WIB

Mekkah, Arab Saudi (Antaranews Jambi) - Dari 18 Juli sampai 4 Agustus, ada 25 calon haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci menurut sertifikat kematian yang diterbitkan otoritas Arab Saudi pada Sabtu pagi.

Data otoritas Arab Saudi menunjukkan 20 calon haji Indonesia meninggal dunia di Madinah, di antaranya ada yang meninggal dunia di Masjid Nabawi (tiga orang), Klinik Bandara AMMA, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, rumah sakit Arab Saudi, Rumah Sakit King Fahd Madinah, serta pemondokan.

Jamaah yang meninggal dunia di Madinah usianya antara 53 tahun sampai 86 tahun. Penyebab kematiannya beragam, termasuk gagal jantung, penyakit jantung iskemik, sakit pernafasan, infark miocard akut, shock hypovolemik, dan penyakit peredaran darah.

Sementara calon haji yang meninggal dunia di Mekkah tercatat lima orang. Satu calon haji perempuan berusia 66 tahun meninggal dunia di Masjidil Haram. Tiga calon haji lainnya meninggal dunia di rumah sakit Arab Saudi, dan satu lagi meninggal dunia di KKHI Mekkah.

Penyebab kematian calon haji di Mekkah antara lain penyakit paru-paru akut serta penyakit parasitik dan infeksi.

Sampai saat ini sudah 121.847 calon haji Indonesia yang sudah tiba di Tanah Suci. Mereka dibagi dalam 303 kelompok terbang.

Baca juga: Jamaah meninggal dibadalhajikan tenaga musiman

Pewarta: Anom Prihantoro

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018

Terkait

Kemenkes: Jamaah haji waspadai MERS-CoV

Selasa, 14 Mei 2024 15:06
Terpopuler