Jambi,  (Antaranew Jambi)- Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) dan Umum PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Holding Seger Budiarjo mengatakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) yang digulirkan Kementerian BUMN memiliki banyak manfaat bagi pengenalan budaya dan keragaman di nusantara.

"Hasil evaluasi untuk program SMN ini banyak manfaatnya, sehingga pelaksanaannya akan terus dilanjutkan," kata Seger Budiarjo dalam acara penyambutan peserta SMN asal Maluku Utara oleh Plt Gubernur Jambi H Fachrori Umar di Jambi, Rabu malam.

Program SMN atau pertukaran pelajar yang masuk dalam salah satu program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) tersebut saat ini telah memasuki tahun keempat.

Dia mengatakan, pada tahun ini PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi melaksanakan program tersebut dengan mengirimkan peserta SMN asal Jambi ke Maluku Utara dan sebaliknya.

"Tahun ini kami mendapat amanah untuk membiayai dan menjalankan program SMN di Jambi, dan ini akan terus dilaksanakan karena manfaatnya cukup besar, khususnya untuk pendidikan," katanya menjelaskan.

Pihaknya berharap kepada 23 peserta SMN asal Maluku Utara dapat berbaur dengan masyarakat Jambi dan dapat saling mengenal terhadap budaya dan adat istiadat di bumi "Sepucuk Jambi Sembilan Lurah" itu.

"Budaya adat istiadat Jambi dan Maluku Utara pasti berbeda, sehingga kegiatan dalam program SMN ini ada nilai tambahnya, sebab mereka bisa mengenal budaya yang ada di nusantara," kata dia.

Selain melaksanakan program SMN, PTPN Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi telah melaksanakan berbagai kegiatan, antara lain bedah rumah, padat karya tunai, pemberdayaan masyarakat dan perbaikan sejumlah sarana prasarana umum di desa yang berada di sekitar wilayah kerja perusahaan BUMN.

"BUMN Hadir Untuk Negeri ini memang menjadi komitmen kami di PTPN terhadap Jambi," ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Gubernur Jambi Fachrori Umar mengapresiasi program SMN yang digulirkan Kementerian BUMN itu.

Program SMN itu menurut dia, sangat bermanfaat karena berkaitan dengan aspek pengenalan budaya menjadi modal yang berharga bagi generasi.

"SMN ini sangat bermanfaat karena bisa mengenalkan keberagaman nusatara dan menanamkan nilai sosial dalam tatanan masyarakat sosial," kata Facrori di hadapan puluhan peserta SMN asal Maluku Utara itu.

Melalui program SMN tersebut lanjut dia, dapat menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada peserta yang terpilih mengikuti program itu.

"Keragaman budaya harus diperkenalkan kepada siswa, dan melalui SMN inilah bisa menjadi media untuk menanamkan sistem pendidikan yang berkualitas dengan saling menghormati budaya masing-masing daerah," katanya menjelaskan. ***

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018