Jambi (Antaranews Jambi) - Peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Maluku Utara (Malut) disuguhi tarian "Sirih Layang Pekasih" saat berkunjung ke SMA Titian Teras Abdurrahman Sayoeti di Pijoan, Kabupaten Muarojambi, Jambi, Senin.
    
Tarian Sirih Layang Pekasih yang dimainkan siswa-siswi SMA Titian Teras adalah salah satu tarian asli dari Suku Anak Dalam (SAD) atau orang rimba Jambi.
    
Dimana tarian itu menceritakan suku anak dalam yang sakit parah atau hingga lumpuh dapat disembuhkan dengan menggelar upacara disertai tarian tersebut.
    
Sebanyak lima penari tampak memakai busana layakanya suku anak dalam, peserta SMN Malut pun telihat fokus membaca maksud tarian tersebut.
    
"Kita kagum ya diperkenalkan budaya Jambi salah satunya tarian suku anak dalam. Ini menarik dan tidak ada di Malut," kata Darwin pendamping SMN Malut.
    
Darwin mengatakan apa saja budaya yang diperkenalkan oleh Jambi kepada peserta SMN Malut selanjutnya akan tersosialisasikan di Malut.
Peserta SMN Malut dan Panitia SMN wilayah Jambi dari PTPN6 berfoto bersama penarih "Sirih Layang Pekasih", Senin (20/8). (Dodi Saputra)

    
Sementara dalam kunjungan SMN Malut ke SMA Titian Teras itu, Kepala Sekolah juga menceritakan sejarah berdirinya SMA Titian Teras mulai dari berstatus swasta hingga negeri.
    
"SMA Titian Teras adalah sekolah boarding berdiri tahun 1994 dan berstatus negeri pada tahun 2012. Titian Teras sudah berkiprah di Jambi 25 tahun dan banyak alumni yang bekerja diperusahaan nasional dan internasional," kata Kepala Sekolah SMA Titian Teras Abdurahman Sayoeti, Teguh.
    
Teguh mengatakan setiap tahun ada saja lulusan SMA Titian Teras yang berhasil masuk Akademi Polisi maupun STPDN dan STAN.
    
Dia mengatakan Titian Teras menjadi salah satu SMA pilihan di Jambi karena siswa setiap hari diajarkan kedisiplinan baik dalam kehidupan sehari-hari dan belajar.
Peserta SMN Malut berfoto bersama siswa SMA Titian Teras, Senin (20/8). (Dodi Saputra)

    
Sementara itu, Panitia SMN wilayah Jambi, Saili yang juga mendampingi peserta SMN Malut tersebut mengatakan kunjungan siswa ke SMA Titian Teras merupakan rangkaian kegiatan SMN Malut di Jambi.
    
Saili mengatakan rogram SMN atau pertukaran pelajar yang masuk dalam salah satu program BHUN tersebut saat ini telah memasuki tahun keempat.
    
Dimana tahun ini PTPN (Persero) Holding yang diwakili PTPN3, PTPN4, PTPN5 dan PTPN6 selaku pelaksana BHUN 2018 di Jambi melaksanakan program tersebut dengan mengirimkan peserta SMN asal Jambi ke Maluku Utara dan sebaliknya.
    
Dalam kunjungan SMN Malut ke SMA Titian Teras itu juga diserahkan bantuan buku kepada SMA Titian Teras dalam program berbagi buku BUMN.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018