Jambi, Antaranews Jambi - Kabupaten Batanghari pada hari ini melaksanakan pemilihan kepala desa sistim elektronik voting tahap pertama. 

"Ada enam desa yang ikut serta pilkades pada tahap pertama ini, yakni Desa Malapari, Napal Sisik, Kuap, Senaning, Kubu Kandang dan Desa Teluk," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintah Desa Akmaludin di Muarabulian, Senin. 

Enam desa peserta pilkades tahap pertama tersebut merupakan desa yang terdapat di Kecamatan Muarabulian dan Pemayung. Pada pilkades tahap pertama ini terdapat 6.704 Daftar Pemilih Tetap  (DPT). 

Di Desa Malapari terdapat 1.682 pemlih, Desa Napal Sisik 505 pemilih, Desa Kuap 956 pemilih, Desa Senaning 619 pemilih, Desa Kubu Kandang 490 pemilih dan Desa Teluk terdapat 2.452 pemilih. 

Pada tahap kedua pilkades e voting di daerah itu akan di laksanakan pada tanggal 27 September mendatang. Akan ada lima desa yang akan melaksanakan pilkades pada tahap kedua tersebut, yakni Desa Tapah Sari, Belanti Jaya, Danau Embat, Batu Sawar dan Desa Kampung Baru. 

"Pilkades e-voting ini merupakan yang kedua di Batanghari, namun setiap desa ini merupakan yang pertama," kata Akmaludin. 

Meski sistim pilkades tersebut berbeda dari pemilihan pada umumnya, namun masyarakt cukup antusias untuk melaksanakan pemilihan. Meski sebagian warga ada yang merasa canggung dan bingung dalam melakukan pemilihan di bilik suara.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018