Jambi (Antaranews Jambi) - Kasrem 042/Garuda Putih Letkol Arh Sassono Utomo, mengatakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan momentum untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian pencasila itu sendiri.

Hal tersebut dikatakan Kasrem 042/Gapu saat bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Kesaktian Pancasila mewakili Komandan Korem Kolonel Inf Dany Budiyanto, di lapangan upacara Makorem 042/Gapu, Senin.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober harus dijadikan sebagai kesempatan untuk merefleksikan tentang pemaknaan nilai-nilai dan kesaktian Pancasila itu," kata Kasrem.

Menurutnya hal itu penting khususnya bagi generasi muda bangsa Indonesia. Sebab generasi muda tidak akan memiliki rasa percaya diri dan kebanggaan atas bangsa ini tanpa mengenali sesungguhnya sejarah kehidupannya.

Dalam pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lapangan upacara Makorem 042/Gapu itu, Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf Jasman Bangun bertindak sebagai komandan upacara.

Upacara tersebut sebagai wujud untuk mengenang kembali adanya tragedi nasional yang populer dengan sebutan G 30 S/PKI pada tahun 1965 yang telah memakan korban gugurnya beberapa Jenderal TNI-AD akibat kejamnya ulah anggota PKI.

Dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila itu juga dilaksanakan pembacaan Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan Ikrar.

Upacara juga dihadiri Dankasatbalak, Danyonif Raider 142/KJ, Perwira Bintara dan Tamtama serta PNS Makorem 042/Gapu.

Sebelumnya, Korem 042/Gapu menggelar doa bersama dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan HUT ke-73 TNI 2018 yang dihadiri langsung Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto.***
Korem 042/Gapu menggelar doa bersama dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan HUT ke-73 TNI 2018 yang dihadiri langsung Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto di Masjid Makorem 042/Gapu, Minggu (30/9) malam. (Foto/ist)

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018