Jambi, Antaranews Jambi - Dalam pelatihan manajemen yang digelar oleh Tanoto Foundation Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kepala sekolah didorong untuk mengoptimalkan seluruh komponen dalam memajukan pendidikan di daerah itu. 

“Untuk menjadi maju, kepala sekolah harus mampu mengoptimalkan seluruh komponen warga sekolah, seperti orang tua, guru dan masyarakat," kata Provincial Coordinator Tanoto Foundation Jambi Medi Yusva di Tanjung Jabung Timur, Rabu. 

Selain itu, faktor dukungan pengawas juga memiliki peran penting dalam memajukan pendidikan. Pengawas menjadi salah satu kunci keberhasilan sekolah. Pengawas harus aktif memberikan input atas pelaksanaan kegiatan di sekolah, baik pembelajaran, manajemen maupun budaya baca.

Sementara itu, menurut Junaedi Rahmat Kepala Dinas Pendidikan Tanjung Jabung Timur, kepala sekolah memiliki peran penting dalam memajukan sekolah. Sebagai pimpinan, kepala sekolah harus mampu melibatkan semua stakeholder dalam membangun keberhasilan sekolah. 

“Sudah bukan zamannya lagi kepala sekolah memutuskan sendiri, saat ini kepala sekolah harus mampu mengoptimalkan semua stakeholder dalam memajukan sekolah,” kata Junaedi Rahmat.

Hal tersebut diungkapan oleh Junaedi Rahmat dalam kegiatan pelatihan manajemen sekolah yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation bekerjasama dengan pemerintah daerah itu. 

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Rumah Pintar Menderang Tanjabtim dengan melibatkan 30 orang kepala sekolah dan pengawas Kecamatan Muara Sabak Barat dan Mendahara Ulu. Dalam pelatihan tersebut kepala sekolah dan pengawas akan dilatih pembelajaran aktif, budaya baca, manajemen sekolah, peran serta masyarakat, hingga pemantauan sekolah. 

Junaedi menambahkan hadirnya Tanoto Foundation harus dimanfaatkan oleh semua kepala sekolah dan pengawas. Dirinya berkeinginan agar model-model pelatihan tersebut diadopsi oleh Dinas Pendidikan dan disebarluaskan di seluruh sekolah didaerah itu. Karena untuk saat ini mitra Tanoto Foundation tersebut hanya di Kecamatan Mendahara Ulu dan Muara Sabak Barat.

"Untuk mendukung penyebarluasan program PINTAR, Dinas Pendidikan sudah menyiapkan anggaran diseminasi sebesar Rp635 juta yang diperuntukan untuk program PINTAR,sehingga sekolah-sekolah yang belum mendapatkan program PINTAR akan merasakan manfaatnya," kata Junaedi Rahmat menambahkan.
 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018