Menjadi mahasiswa di era milenial tentunya memiliki tantangan tersendiri karena dianggap sangat berbeda dengan generasi sebelumnya terutama dalam karakter dan kebiasaan sehari-hari baik bidang pendidikan, moral, budaya hingga teknologi.

Sementara itu, mahasiswa jaman now juga dituntut untuk mampu menyelaraskan perannya sebagai agent of change bersamaan dengan aktivitasnya yang tak bisa jauh dari gadget dan sosial media.

Tapi tahukah anda, ternyata banyak hal-hal keren yang bisa dilakuin buat kamu yang ngakunya mahasiswa kekinian agar mampu mengembangkan kemampuan, menjalin koneksi serta belajar tentang potensi diri. Wah apa aja sih ?

1. Mulailah ngeblog tentang apapun

Ngeblog atau dikenal juga sebagai blogging, adalah aktivitas menulis, mengedit dan memposting berbagai artikel di situs pribadi. Menjadi mahasiswa sekaligus blogger tentunya menambah tingkat ke-keren-anmu sebagai gen milenial.

Karena dengan blogging bisa menambah pengetahuan sekaligus update informasi terkini tentang apa yang terjadi pada dunia. Selain itu ngeblog membantu mendapatkan teman baru, baik teman dari satu kota, beda pulau bahkan beda negara. Keren banget, ternyata blogging juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan , lumayan buat shopping.

2. Beranilah untuk belajar skill-skill baru

Masa kuliah adalah waktu yang ideal untuk menantang diri untuk mencoba kemampuan baru yang sama sekali belum pernah dicoba sebelumnya. Seseorang bisa belajar instrumen musik, desain grafis, bisnis online atau keterampilan apapun yang bisa mempercantik curiculum vitae nantinya.

3. Kuasai bahasa asing

Dengan mengetahui bahasa asing, pikiran akan lebih terbuka dengan apa yang terjadi di lingkup global. Penggunaan bahasa asing juga mempermudah untuk berkomunikasi dengan orang lain dari berbagai penjuru dunia sehingga membuka peluang yang lebih lebar untuk diterima di perusahaan multinasional ataupun beasiswa studi ke luar negeri.

4. Magang

Pengetahuan tidak selamanya didapat dari bangku kelas. Tapi bisa mencari info-info seputar magang yang sesuai dengan minat dan jurusan yang digeluti. Disamping memperoleh pengalaman dan belajar banyak hal tentang dunia kerja yang sesungguhnya, magang juga membuat kita mendapatkan relasi dengan orang-orang professional yang mampu membawamu menuju cita-cita dan pekerjaan impian.

5. Menjadi sukarelawan

Di zaman sekarang banyak banget komunitas atau yayasan yang menawarkan anak-anak muda untuk menjadi relawan di kegiatan-kegiatannya. Entah itu bergerak di bidang pendidikan, literasi, penanggulangan bencana, ataupun aktivitas kemanusiaan lainnya.

Meski tak dibayar, namun dengan berperan aktif di kegiatan sosial mampu menjadikan usia muda  tak sia-sia dan juga bermanfaat buat masyarakat luas. Siapa sangka, menjadi relawan ternyata berguna untuk kesehatan dan sangat baik untuk pikiran. Karena tanpa disadari, kegiatan kerelawanan selalu menebar energi positif yang berefek pada kebahagiaan orang lain dan juga diri sendiri.

Sebenarnya, masih banyak  hal keren yang bisa kamu lakukan sebagai mahasiswa milenial. Kamu bisa berpartisipasi aktif dalam kegiatan ekskul kampus, mengikuti workshop atau bahkan ngebentuk kelompok belajar bersama teman-teman yang membantumu mengingat kembali pelajaran yang sempat terlewati ketika di kelas. Apapun itu, semua kegiatan bermanfaat yang dilakukan semasa duduk di bangku mahasiswa tentunya bakal berguna buat karir di masa depan. ***(Penulis Mahasiswa UIN Sulthan Thaha Jambi)

Pewarta: Defry Syaputra

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018