Jambi, Antaranews Jambi - Kelompok-kelompok tani yang bercocok tanam di kawasan Pematang Umo Tinggal di Muarabulian Kabupaten Batanghari menggelar sedekah bumi. 

"Selain sebagai peringatan hari jadi bumi serentak bak regam ke-70 tahun, sedekah bumi juga dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap hasil pertanian yang melimpah," kata Sekretaris Daerah Batanghari Bakhtiar di Muarabulian, kamis. 

Sedekah bumi tersebut merupakan tradisi masyarakat daerah itu yang telah ada sejak dahulu kala. Saat ini pemerintah daerah itu bersama kelompok-kelompok tani mencoba melestarikan kembali tradisi tersebut. 

Kedepan, tradisi tersebut diharapkan dapat dilaksanakan dengan lebih meriah sehingga dapat di jadikan sebagai wisata budaya. Tujuannya agar dapat menarik wisatawan-wisatawan dari luar daerah, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. 

"Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi para petani dalam memproduksi komoditasnya, sehingga batanghari dapat menjadi salah satu kabupaten sentra pertanian di Provinsi Jambi," kata Bakhtiar. 

Saat ini dikawasan pematang umo tinggal tersebut terdapat lahan pertanian dan persawahan seluas 100 hektar lebih. Namun yang telah di garap oleh kelompok tani sekitar 75 hektar. 

Kelompok-kelompok tani di kawasan tersebut berharap pemerintah dapat kembali melakukan cetak sewah terhadap lahan-lahan yang ada. Sehingga hasil pertanian masyarakat dapat lebih optimal.

Selain itu, petani didaerah itu diharapkan dapat terus berinovasi mengembangkan budidaya pertanian guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sehingga instansi terkait seperti Finas Tanaman Pangan dan  Holtikultura, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan dan Dinas Perkebunan dan Peternakan dapat terus memotivasi petani untuk semakin inovatif.

Yang tidak lebih penting, petani dapat memanfaatkan teknologi tepat guna dalam upaya meningkatkan produktifitas pertanian, serta saling berkoordinasi dalam melakukan pembinaan kepada petani. 

"Kepada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk dapat meningkatkan sumber daya dan pengetahuan dalam mendampingi petani, keberhasilan dan kegagalan petani akan mencerminkan keberhasilan PPL dalam menjalankan tugasnya," kata Bakhtiar menambahkan. 

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018