Jambi, (Antaranews Jambi) - Sejumlah pengunjung Jembatan Gentala Arasy di Kota Jambi mengaku ngeri menyaksikan aksi sejumlah bocah laki-laki berloncatan dari atas jembatan itu ke aliran Sungai Batanghari.

"Ngeri juga anak-anak bermain dengan meloncat dari atas jembatan ke aliran sungai yang tingginya lebih dari 15 meter, tanpa alat pengaman sedikitpun, bahkan tak mengenakan baju," kata Uki (23) salah seorang pengunjung asal Jakarta di Jambi, Jumat.

Ia bersama sejumlah koleganya berkunjung dan menikmati suasana sore hari di jembatan yang dikenal dengan jembatan pedestrian tersebut. Jembatan khusus bagi pejalan kaki itu menghubungan kawasan Tanggo Rajo dengan Seberang Kota Jambi.

Sejumlah anak kecil berlarian di atas jembatan itu, namun kemudian memanjat pagar jembatan pagar yang berketinggian sekitar 1,70 centimeter itu. Selanjutnya bocah itu berloncatan ke aliran Sungai Batanghari setinggi lebih dari 15 meter yang debitnya cukup tinggi pada musim penghujan.

Aksi tersebut mendapat aplaus dari teman-temanya yang berjejer di atas dermaga ponton di dekat kawasan Menara Gentala tersebut.

"Aksi itu memang menarik, tapi saya pikir itu sangat berbahaya bagi anak seusia mereka. Sebaiknya aksi mereka dihentikan," kata Uki yang juga seorang akuntan tersebut.

Aksi yang juga direkamnya dalam video itu berlangsung pada Kamis (29/11).  Kendati mereka cukup terbiasa, semestinya menurut dia hal itu tidak dilakukan oleh anak kecil karena sangat berisiko dan berbahaya.

"Pasalnya di jalur sungai itu cukup padat, ada perahu lalu lalang juga. Selain itu bila ada kayu yang hanyut dan saat mereka meluncur ke sungai, kan itu sangat berbahaya," katanya.

Kendati ngeri, ia merekam aksi anak-anak tersebut dengan kameranya. Ia hanya bisa meminta kepada anak-anak itu untuk berhati-hati, namun ia tidak sempat melarang mereka.

Hal senada juga diungkapkan salah seorang rekannya yang juga ngeri melihat aksi para bocah  di Jembatan Gentala tersebut.

"Saya kira hal itu perlu dicegah, sangat berisiko, meski memang menarik. Saya yakin orang dewasa juga mikir dua kali untuk meniru aksi bocah itu," katanya.

Jembatan Gentala Arasy merupakan saah satu ikon di Kota dan Provinsi Jambi. Jembatan itu membentang sepanjang 560 meter membentuk huruf S di atas aliran Sungai Batanghari dengan ketinggian dari permukaan air lebih dari 15 meter.  

Sementara di aliran sungai atau di bawah jembatan itu digunakan lalu lintas perahu, bahkan kapal dan kapal pengangkut batu bara melintas di sana. Kawasan itu biasanya ramai dikunjungi pada sore hari hingga malam hari, terutama pada setiap akhir pekan.***4***


 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018