Jambi, (Antaranews Jambi) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi terus melakukan pemantauan terhadap tujuh lokasi rawan banjir yang ada di wilayah Kota Jambi dan sekitarnya yang dikhawatirkan terjadi lagi banjir pada musim hujan kali ini.

Pada Senin (3/12) malam akibat hujan deras yang mengguyur Kota Jambi dari sore hingga malam hari, menyebabkan sejumlah daerah yang ada di Kota Jambi terendam banjir dan setidaknya ada tujuh daerah yang paling parah terkena dampak banjir, kata Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah, di Jambi Selasa.

Disebutkannya, daerah yang paling parah terkena banjir diantaranya pada kawasan Perumahan Kembar Lestari, Perumahan Namura, Lapas Jambi dan depan SPBU Simpang Bangunan Bawah.

Setidaknya ada tujuh titik yang paling parah dan pada Senin malam airnya dikawasan tersebut mencapai ketinggian 1,5 meter.

Bachyuni mengatakan, pihaknya masih fokus melakukan evakuasi terhadap warga yang menjadi korban banjir dan selain itu juga pihaknya masih melakukan pendataan terhadap jumlah korban, namun demikian tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu dan korban hanya dievakuasi ketempat yang lebih tinggi.

Untuk lokasi evakuasi, Bachyuni menyebutkan ada beberapa tempat yang disiapkan. Termasuk kantor BPBD dan kantor Walikota Jambi. Pihak BPBD juga akan menggelar rapat dengan sejumlah instansi teknis guna membahas penanganan banjir yang terjadi semalam.

"Hari ini kita akan rapat dengan instansi teknis dan untuk peralatan juga telah kita siagakan dalam rangka mengawasi lokasi rawan banjir," kata Bachyuni.

Sementara itu, Kapolda Jambi Irjen Pol Muchlis AS mengatakan pihaknya juga telah siapkan personel dan peralatan yang sewaktu-waktu siap digerakkan untuk mengantisipasi banjir jika kembali melanda wilayah di Kota Jambi.

"Saya minta Polisi Perairan (Polair) dan Sabhara serta Brimob siap untuk dikerahkan membantu BPBD untuk mengevakuasi para korban banjir dan pihak kepolisian pada prinsipnya siap membantu pihak BPBD dalam menanggulani bencana yang terjadi," kata Muchlis AS.***2***
 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2018