Jambi (Antaranews Jambi) - Ekspedisi Garuda Putih menelusuri kawasan rimba Suku Anak Dalam (SAD) yang diprakarsai Korem 042/Garuda Putih Jambi dimulai dengan star Koramil 420-03/Pauh yang dipimpin langsung Danrem 042/Gapu Kolonel Inf Dany Budiyanto.

"Ini bentuk keseriusan kita untuk bisa melihat secara dekat saudara kita suku anak dalam yang berada di wilayah Korem Jambi," kata Danrem sebelum melepas star Ekspedisi Garuda Putih di Pauh, Sarolangun, Kamis.

Danrem mengatakan kegiatan Ekspedisi Garuda Putih yang dilakukan juga akan mendata sebaran suku anak dalam sehingga dengan data yang dimiliki akan menjadi salah satu cara untuk membantu pemerintah daerah membangun pemukiman suku anak dalam.

"Kita ketahui bahwa SAD, ada dua kelompok yang masih bertahan hingga saat ini, seperti kelompok yang sudah menerima kemajuan dan kelompok lain yang masih sangat tradisional," kata Danrem.

Danrem menegaskan, bahwa kegiatan ekspedisi Garuda Putih jadi salah satu agenda penting bagi Danrem 042/Gapu.

"Ini tidak memiliki kegiatan khusus, namun jadi agenda penting untuk kita. Sebab kita ingin saudara kita bisa hidup sejajar dengan kita-kita ini," kata Danrem menambahkan.

Ekspedisi menelusuri kawasan rimba SAD itu digelar 10-12 Januari. Danrem beserta rombongan akan menelusuri kawasan pemukiman SAD di Desa Jelutih, Desa Hajran, Desa Padang Kelapo, Tanah Garo, Dwi Karya, Koto Rayo, Mentawak, Gading Jaya, Desa Bukit Suban dan berakhir di kawasan terpadu suku anak dalam.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019