Jambi (Antaranews Jambi) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adhi Putra mengatakan kucuran APBN 2019 untuk pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung di pesisir timur Jambi itu sebesar Rp59 miliar.

"Informasi yang kita dapat APBN 2019 untuk pelabuhan Ujung Jabung telah dianggarkan Rp59 miliar. Rp41 miliar untuk pembangunan dermaga dan Rp18 miliar untuk pembangunan sarana penunjang," katanya di Jambi, Jumat.

Namun Dishub Provinsi Jambi kata Varial belum mengetahui secara detail item-item apa saja yang akan dibangun di Pelabuhan Ujung Jabung tepatnya di Sungai Itik, Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjungjabung Timur itu.

Kemudian untuk jalan menuju pelabuhan, Varial menjelaskan terus berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Dinas PUPR Provinsi Jambi untuk menyelesaikan itu. Salah satunya pembebasan lahan.

"Untuk jalan kita masih terkendala pembangunan jembatan di Desa Sungai Rambut. Karena perlu waktu lama dan anggaran yang besar untuk membangun jembatan dengan bentang 600 meter itu," kata Varial.

Dia juga mengatakan ada alternatif lain menuju Pelabuhan Ujung Jabung selain melewati Sungai Rambut. Namun harus melewati kawasan Hutan Lindung Taman Nasional Berbak (TNB).

"Ada jalan lain tapi melewati hutan lindung, dan itu harus melalui proses dan prosedur yang panjang. Nanti Dinas PUPR dan Bappeda yang maju apakah bisa melewati kawasan hutan lindung atau tidak, mereka yang tau polanya," katanya menjelaskan.

Varial memastikan Dishub Provinsi Jambi terus mendorong Kementerian Perhubungan agar kementerian total membangun dengan anggaran APBN hingga selesai. Dan diharapkan tahun 2020 Pelabuhan Ujung Jabung itu mulai dioperasikan.

Menurutnya saat ini daya tampung pelabuhan yang ada yakni Pelabuhan Talang Duku hanya mampu menampung angkutan komoditi dan barang-barang lainnya dari Jambi sebesar 30 persen. Sementara 70 persen terpaksa diangkut melalui pelabuhan di provinsi lain seperti Pelabuhan Teluk Bayur dan Palembang.

"Ini menjadi PR kita untuk terus mengembangkan pelabuhan dengan pembangunan yang lebih masif. Kita harapkan 2020 pembangunan sudah tampak dan siap dioperasikan," katanya menambahkan.***

Pewarta: Dodi Saputra

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019