Jambi, Antaranews Jambi - Bupati Muarojambi Provinsi Jambi Hj Masnah Busyro menyambut baik dan menunjukkan dukungannya  terhadap program jaringan gas rumah tangga bagi masyarakat di daerah itu.

Hal itu disampaikan  bupati saat menerima kunjungan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM yang datang bersama BPK-RI, Perusahaan Gas Negara (PGN) dan Pertamina di ruang kerja bupati di Sengeti Kabupaten Muarojambi, Kamis.

Menurut Bupati Masnah rencana tersebut sangat strategis dan merupakan bagian dari peningkatan layanan bagi masyarakat terkait kebutuhan energi khususnya bagi sektor rumah tangga.

"Kabupaten Muarojambi siap mendukung program jaringan gas rumah tangga ini, karena sangat menyentuh kepada masyarakat," kata Bupati Masnah di sela-sela menerima kunjungan itu.

Ia menjelaskan, dengan dibangunnya jaringan gas rumah tangga itu, masyarakat akan mendapatkan pasokan gas elpiji langsung ke  rumah-rumah dengan biaya yang lebih murah dan ekonomis.

Kedatangan tim dari pusat tersebut membawa program yang saat ini digagas oleh Dirjen Migas Kementrian ESDM yang bekerja sama dengan dua perusahaan BUMN,  Pertamina dan PGN, yakni pembangunan jaringan gas rumah tangga.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati dan rombomgan terlibat diskusi yang cukup intensif. Salah satunya pemaparan terkait pembangunan  jaringan gas tersebut yang harus melalui berbagai tahapan yang tidak dan  butuh perencanaan yang matang.

Salah satunya adalah desain gambar yang harus dibuat terlebih dahulu, termasuk pemetaan potensi kebutuhan dan sebaran calon konsumen.

Dalam pertemuan itu dibahas terkait percepatan program itu, bila mengejar pembangunan pada tahun 2019, maka perencanaan tersebut harus diusulkan ke pemerintah pusat paling lambat pada bulan Juni 2019. Sehingga sangat memungkinkan jaringan gas masuk dan terpasang di Kabupaten Muarojambi pada tahun 2020.

Dalam diskusi tersebut diungkapkan sebanyak 10.000 rumah tangga di tiga desa akan masuk ke dalam perencanaan stategis pengunaan energi baru terbarukan tersebut.***1***






 

Pewarta: Antara

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019