Bupati Sarolangun Provinsi Jambi H Cek Endra mendampingi Menteri Energi sumber daya mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan Gardu Induk 150 Kilo Volt (KV) di Sarolangun, Minggu (3/3). Gardu induk merupakan sub system dari system penyaluran (transmisi) tenaga listrik, atau merupakan satu kesatuan dari system penyaluran (transmisi).

Pada peresmian ini hadir Dirjen Ketenagalistrikan  Rida Mulyani,  Kepala Pusat Air Tanah dan Geologi Andiyani, Plt.Komisaris Utama PT PLN (Persero) , Anggota Komisi IV BPK RI Rizal Jalil, Gubernur Jambi H.Fachrori Umar serta sejumalah pejabat daerah dalam lingkup Provinsi Jambi.

Bupati Sarolangun, H Cek Endra mengaku sangat senang dengan peresmian dan pengoperasian GI Sarolangun, yang dinantikan hampir 11 tahun, karena selama ini GI-Nya di Merangin. Cek Endra sangat mengapresiasi Menteri ESDM karena Sarolangun juga dapat PLT Surya.

"Tahun ini Batang Asai 15 desa terpasang listrik semuanya, jadi seluruh desa di Sarolangun sudah teralisi listrik," kata Cek Endra.

Cek Endra juga mengucapkan terimakasih kepada Menteri ESDM atas percepatan izin pembangunan Semen Batu Raja di Sarolangun.

Cek Endra meminta dukungan percepatan pembangunan 2 proyek pembangunan PLTU mulut tambang, Jambi 2 x 300 di Jambi, serta berharap Aneka Tambang segera berproduksi di Sarolangun, karena potensi emas di Sarolangun.

Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan mengatakan, pembangunan GI merupakan bagian dari pembangunan Sistem Kelistrikan Trans Sumatera dan berharap akhir 2019, Sistem Kelistrikan Trans Sumatera telah rampung.

Jonan menegaskan, dalam pembangunan penyediaan energy listrik, pemerintah tetap mempertimbangkan daya beli masyarakat, jadi listriknya tersedia dan harganya bisa dijangkau oleh masyarakat.

Jonan mengungkapkan, rasio elektrifikasi nasional saat ini 98,3% nasional, target 99,9 persen.

Jonan mengatakan, Pulau Sumatera paling maju menerapkan pembangkit listrik terbaharukan, air dan panas bumi.

Terkait pembangunan sumur bor, penerangan jalan umum, dan jaringan gas, Jonan mengatakan bahwa Kementerian ESDM akan terus membantu Provinsi Jambi dan meminta Provinsi Jambi untuk memberikan proposal pengejuan kepada Kementerian ESDM.***


 

Pewarta: Warsun Arbain

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019