Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi mendorong agar Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kota itu dibuat kreatif untuk memikat minat pemilih dalam menyuarakan haknya pada Pemilu 17 April 2019.

"Kami mendorong TPS dibuat sekreatif mungkin, sehingga ini dapat meningkatkan partisipasi pemilih," kata Ketua KPU Kota Jambi, Yatno di Jambi, Selasa.

TPS menurut Yatno, perlu dibuat dekorasi dan desain yang kreatif. Hal itu bertujuan untuk menekan angka golput saat hari pencoblosan.

"Misalnya di TPS itu nanti bisa dibuat 'photo booth', jadi setelah mencoblos bisa foto-foto," katanya menjelaskan.

Dalam Pemilu serentak 17 April 2019, KPU Kota Jambi menargetkan tingkat partisipasi pemilih harus diatas target nasional, yakni diatas 77,5 persen. 

Berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan tingkat partisipasi pemilih itu, antara lain menyelenggarakan sosialisasi dan even terbuka "Pemilu Run".

Melalui "Pemilu Run 2019" itu KPU mengajak generasi muda untuk berperan aktif dalam pemilu 17 April 2019, terutama dalam menggunakan hak pilihnya.

"Kemudian ada juga pindah milih yang kita buka di perguruan tinggi dan pusat keramaian. Itu salah satu cara untuk meningkatkan partisipasi pemilih," kata dia.

Sementara itu, dalam pemilihan umum serentak itu, total petugas yang akan diterjunkan di seluruh TPS di Kota Jambi sebanyak 17.649 anggota, termasuk anggota KPPS dan Trantib.

"Pada hari H pencoblosan tenaga yang kita kerahkan sebanyak 17.649 orang di seluruh TPS di Kota Jambi, sehingga dengan kekuatan sebanyak itu kita yakin Pemilu dapat berjalan dengan lancar," katanya menambahkan.


 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Ariyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019