Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019  tingkat sekolah menengah pertama (SMP) sederajat di Kota Jambi diikuti 11.545 peserta, kata Kepala Dinas Pendidikan setempat, Arman, Senin.

"Jumlah tersebut berasal dari seluruh SMP sederajat di Jambi yang menyelenggarakan UNBK," kata dia.

Pada hari pertama pelaksanaan UNBK di Kota Jambi kata Arman, berlangsung lancar dan tidak ada kendala yang dialami oleh para siswa. 

"Pelaksanaan UNBK tahun ini berlangsung alami dan spontan saja, karena UNBK sudah berlangsung di tahun ketiga. Sehingga setiap kekurangan yang terjadi selalu ditutupi setiap tahunnya," katanya.

Seluruh sekolah baik tingkat SMP negeri dan swasta, serta MTs negeri dan swasta di Kota Jambi secara total yang akan menyelenggarakan UNBK tahun 2019 ini sebanyak 102 sekolah.

Sementara untuk ketidakhadiran siswa pada hari pertama pelaksanaan UNBK tersebut terdapat tiga siswa yang tidak mengikutinya. Diantaranya dua siswa yang tidak sekolah lagi sejak 7 bulan yang lalu, yakni di SMP 4 dan SMP 25 dan satu siswa yang meninggal seminggu yang lalu dari SMP 6.

"Untuk 2 siswa ini sudah dihubungi pihak sekolah ke orang tuanya, tapi tidak ada tanggapan. Yang 1 siswa yang meninggal ini terjadi kecelakaan diluar jam sekolah," katanya.

Pelaksanaan UNBK ini akan berlangsung selama empat hari kedepan, sehingga jika memang ada siswa yang tidak hadir karena alasan sakit, maka diperkenankan untuk mengikuti ujian susulan yang akan berlangsung pada 27 April mendatang.

"Yang tidak hadir karena sakit, bisa mengikuti ujian susulan," katanya menambahkan.

 

Pewarta: Gresi Plasmanto

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019