Dekan Fakultas Hukum Universitas Jambi (Unja) Dr Helmi SH MH terpilih secara aklamasi menjadi ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum PTN wilayah barat, Selasa.

"Pemilihan dilakukan pada Raker BKS dekan FH PTN wilayah barat, dan Dr Helmi terpilih secara aklamasi," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi.

Pelaksanaan raker para dekan fakultas hukum yang dihadiri oleh 17 perwakilan dari 17 perguruan tinggi negeri yang ada di wilayah barat.

Pemilihan pucuk pimpinan BKS dekan fakultas hukum PTN wilayah barat itu yang dibuka oleh Rektor Unja Prof H Johni Najwan itu juga dihadiri oleh Ketua BKS Dekan Fakultas Hukum PTN se-Indonesia Prof Dr Farida Patittingi.

Kegiatan yang digelar pada Selasa pagi itu berlangsung dalam suasana santai dan kekeluargaan, sekaligus dirangkai dengan pembahasan program kerja BKS dekan hukum wilayah barat.

Banyak hal yang disampaikan pada kegiatan itu, namun difokuskan pada penguatan badan kerja sama itu untuk bisa lebih berperan dan memiliki daya tawar yang lebih besar lagi ke Kementerian Ristek Dikti untuk perbaikan dunia perguruan tinggi, khususnya bidang hukum.

"Banyak yang akan kita dorong ke depan dengan badan kerja sama ini. Untuk wilayah barat sudah dilakukan koordinasi, selanjutnya BKS wilayah timur menyusul, dan BKS wilayah tengah juga akan dibentuk kepengurusannya," kata Farida Fatittingi.

Ia menyebutkan, dengan telah keluarnya badan hukum bagi BKS dekan fakultas hukum PTN se-Indonesia pada akhir Maret 2019, maka akan lebih diperhitungkan dan memiliki posisi tawar yang lebih kuat.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Unja Dr Helmi SH MH menyatakan, kegiatan raker BKS tersebut digelar di Jambi yang menjadi tuan rumah, sekaligus mandat dari Ketua BKS Rektor wilayah Barat yang juga Rektor Unja Prof H Johni Najwan untuk menggelar raker di Jambi.

"Banyak hal yang akan dilakukan ke depan dengan peran BKS dekan hukum wilayah barat itu, dan siap sinergi dengan wilayah lainnya," kata Dr Helmi.

Sementara itu Rektor Unja Prof H Johni Najwan dalam sambutannya berharap BKS Dekan Fakultas Hukum bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi yang dibutuhkan dan memberikan solusi melalui kepakarannya untuk kesejahteraan masyarakat. Ia juga mendorong para pakar di perguruan tinggi untuk hadir dan memberikan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kegiatan raker itu ditutup dengan kegiatan peserta ke Kampus Unja di Mendalo, sentra batik khas Jambi serta menikmati suasana di kawasan Jembatan Gentala Arasy Kota Jambi.
 

Pewarta: Syarif Abdullah

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019