Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi mencatat naiknya harga beberapa jenis komoditas utama menyumbang inflasi Kota Jambi pada Mei 2019 antara lain cabai merah, bawang putih, daging ayam ras, angkutan antarkota, bayam, kangkung, udang basah, kentang, jeruk dan sawi hijau.

Kepala BPS Provinsi Jambi, Dadang Hardiawan, di Jambi, Selasa, mengatakan sementara itu komoditas utama yang memberikan andil terhadap terjadinya inflasi di Kabupaten Muara Bungo adalah jeruk, cabai merah, jengkol, nila, bawang putih, kentang, daging ayam ras, cabai rawit, semangka dan gula pasir.

BPS mencatat untuk Jambi inflasi tercatat sebesar 0,38 persen sedangkan di Muara Bungo inflasi sebesar 1,60 persen dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar 135,27 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Muara Bungo 136,14.Dimana inflasi di Kota Jambi terjadi pada enam kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks sedangkan inflasi di Muara Bungo terjadi pada tujuh kelompok pengeluaran barang dan jasa karena adanya kenaikan indeks.

Untuk kelompok bahan makanan pada Mei 2019 mengalami inflasi sebesar 2,10 persen atau terjadi kenaikan indeks harga dari 126,46 pada April menjadi 129,11 pada Mei dan dari sebelas subkelompok, inflasi terjadi pada sembilan subkelompok, yaitu subkelompok daging dan hasilhasilnya sebesar 3,11 persen, subkelompok ikan segar 1,35 persen, ikan yang diawetkan 1,25 persen dan telur, susu dan hasil-hasilnya 0,84 persen.

"Kelompok ini pada Mei 2019 secara keseluruhan memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,4699 persen. Komoditas yang dominan memberikan sumbangan inflasi pada kelompok ini antara lain cabai merah, bawang putih, daging ayam ras, bayam, kangkung, udang basah, kentang, jeruk, sawi hijau, ikan gabus segar dan daging sapi," kata Dadang Hardiawan.

Dari 23 kota di Sumatera yang menghitung IHK, seluruhnya mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Sumatera terjadi di Kota Pangkal Pinang sebesar 1,78 persen dan terendah terjadi di Kota Tanjung Pandan sebesar 0,21 persen.

Dari 82 kota yang menghitung IHK di Indonesia, sebanyak 81 (delapan puluh satu) kota mengalami inflasi. Inflasi tertinggi di Kota Tual sebesar 2,91 persen dan terendah terjadi di Kota Kediri sebesar 0,05 persen.



 

Pewarta: Nanang Mairiadi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019