Pemerintah Kota Jambi mendukung program Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dalam rangka meningkatkan perekonomian, khususnya di Kota Jambi.

“Salah satu bentuk dukungan pemerintah kota yakni meminta kepada investor untuk dapat menampung produk-produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), sesuai dengan tema yang diangkat dalam acara pengukuhan IWAPI yakni meningkatkan peran wanita pengusaha dalam menciptakan UMKM yang tangguh dan profesional di era milenial,” kata Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Jambi, Rabu (12/6).

Selain itu, terhadap UMKM di kota itu, pemerintah Kota Jambi telah melakukan berbagai macam kegiatan yang sifatnya mendukung pertumbuhan UMKM. Diantaranya melakukan pelatihan digital marketing kepada pelaku UMKM.

600 lebih pelaku UMKM di kota itu diberikan pelatihan terkait pemasaran produk-produk UMKM yang dilakukan menggunakan media elektronik atau secara on line. Pelaku UMKM tersebut turut diberikan bantuan berupa peralatan.

Menurut Fasha, pelaku UMKM di kota itu perlakuannya berbeda dengan UMKM yang terdapat di kota dan kabupaten lainnya di Provinsi Jambi. Karena UMKM di kota itu pemikirannya tidak lagi bagaimana cara mendapatkan modal, namun lebih kepada bagaimana cara memasarkan hasil produksi dan usaha yang digeluti memiliki legalitas.

“Karena di Kota Jambi banyak perbankan yang menyediakan pinjaman modal kepada UMKM, pelaku UMKM tinggal pilih pinjaman dari perbankan yang mana,” kata Syarif Fasha.

Sementara itu, Syarif Fasha turut memberikan tiga hal penting agar organisasi dapat dijalankan dengan sukses dan dapat terus eksis. Yakni kepemimpinan, budaya organisasi dan birokrasi organisasi.

Ketua DPD IWAPI Provinsi Jambi Herlina menegaskan bahwa IWAPI akan menjalin kerja sama dengan pihak swasta, organisasi dan pemerintah guna meningkatkan perekonomian Kota Jambi. Serta turut memberikan pelatihan-pelatihan kepada pelaku UMKM agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di era digital ini.

“Kita juga akan lakukan pelatihan pemasaran secara on line kepada pelaku UMKM, mengingat banyaknya media dan aplikasi yang dapat digunakan untuk memasarkan hasil produksi,” kara Herlina.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Syarif Abdullah


COPYRIGHT © ANTARA News Jambi 2019